SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pelabuhan Pelni Kembali ke Sekupang

  • Reporter:
  • Senin, 14 Oktober 2019 | 11:24
  • Dibaca : 171 kali
Pelabuhan Pelni Kembali ke Sekupang
Ilustrasi / DOK SINDO BATAM

BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam bakal memindahkan kembali terminal Pelni dari Pelabuhan Batuampar ke Pelabuhan Sekupang pada akhir 2019. Lembaga pengelola FTZ Batam itu memperbaiki fasilitas di Sekupang dan terus menjalin komunikasi dengan pihak-pihak terkait.

“Akhir tahun ini akan selesai. Komunikasi kami bagus dengan Pelni. Maka kami realistis akhir tahun ini sudah selesai,” kata Wakil Kepala BP Batam Purwiyanto, Minggu (13/10).

Ia mengatakan, pihaknya sedang mengajukan anggaran untuk perbaikan gudang dan fasilitas lainnya di Pelabuhan Sekupang. “Ini akan diselesaikan karena masyarakat membutuhkannya sesegera mungkin,” ujarnya.

Direktur Promosi dan Humas Badan Pengusahaan (BP) Batam, Dendi Gustinandar menambahkan, targetnya mendekati Hari Raya Natal pelabuhan itu sudah bisa digeser kembali ke Sekupang.

“Dari operasional pelabuhan sedang mempersiapkan beberapa hal yang dibutuhkan untuk pemindahan tersebut. BP Batam juga telah berkomunikasi dengan Pelni, terkait pemindahan ini,” katanya.

Dendi mengatakan, pengangkutan penumpang jelang Natal atau Tahun Baru sudah bisa berlangsung di Sekupang. Selama ini keberadaan Pelabuhan Pelni di Batuampar mendapat keluhan masyarakat karena tempat tidak layak untuk dijadikan pelabuhan penumpang kapal.

Pemidahan ini juga berdasarkan permintaan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi yang berkunjung ke Batam beberapa waktu lalu. Budi memang menemukan banyaknya keluhan penumpang terkait pelabuhan Pelni di Batu Ampar.

Beberapa hal yang menjadi keluhan penumpang adalah pelabuhan penyebrangan penumpang ke berbagai daerah ini satu tempat dengan pelabuhan kargo. Membuat tingkat risiko kepada penumpang juga sangat tinggi.

Selain itu tidak terdapatnya tranportasi di pelabuhan. Sedangkan di Sekupang sudah ada Bus Trans Batam.

Kepala Badan Pelabuhan Laut Badan Pengusahaan (BP) Batam Nasrul Amri Latif mengatakan, langkah pertama yang akan dilakukan BP Batam sebelum pemindahan dermaga Pelni adalah memperlebar alur putar untuk Kapal Kelud.

Pelebaran alur putar ini untuk memudahkan kapal-kapal Pelni seperti Sinabung dan Kelud untuk melakukan manuver. “Terus kedua, memperbaiki gudang yang dipersiapkan sebagai terminal nanti. Itu akan dilakukan oleh Persero,” kata Nasrul. iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com