SINDOBatam

Terbaru Metro+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pelabuhan Sehat Dongkrak Kunjungan Wisman

Pelabuhan Sehat Dongkrak Kunjungan Wisman
Pembangunan Pelabuhan Domestik Sekupang. Foto Teguh Prihatna.

SEKUPANG – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendorong pelabuhan dan bandara di Batam masuk kategori pelabuhan dan bandara sehat. Kategori itu dianggap penting untuk meningkatkan kepercayaan Wisatawan Mancanegara (Wisman) yang akan masuk ke kota terbesar di Kepri ini.

“Kota-kota tujuan wisata mancanegara seperti Batam menjadi prioritas kami,” ujar Direktur Jenderal Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan, Imran Agus Nurali, Selasa (20/6).

Setiap tahun genap, pemerintah pusat mengadakan verifikasi terhadap bandara dan pelabuhan di Indonesia untuk memberikan predikat Pelabuhan dan Bandara Sehat. Verivikasi dilakukan oleh sejumlah kementerian dan lembaga, termasuk Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kemenkes.

Sejak mulai dihelat pada 2013 silam, belum satupun pelabuhan atau bandara dari Batam yang diberi predikat pelabuhan sehat atau bandara sehat. Padahal, predikat tersebut penting, mengingat Batam merupakan salah satu pintu gerbang Indonesia dengan negara-negara asing.

Jika pelabuhan dan bandara di Batam tak diberikan predikat ini, ada risiko keluar masuk dan tersebarnya penyakit karantina dan penyakit menular melalui alat angkut laut atau udara. Tak hanya itu, ada pula risiko lingkungan bandara atau pelabuhan justru jadi sumber penyakit, sumber penyebaran penyakit dan berkembangnya bahaya vektor penyakit. “Karena itu predikat ini sebenarnya punya nilai strategis dan penting,” kata Imran.

Langkah pertama untuk untuk mendapatkan predikat tersebut adalah terbentuknya forum bandara atau pelabuhan sehat. Forum ini memastikan keterlibatan semua stakeholder untuk menjalankan program Bandara dan pelabuhan sehat. “Forum pelabuhan sehat di Batam sudah terbentuk. Tinggal dijalankan saja,” katanya.

Kepala Kantor Kesehatan pelabuhan (KKP) Kelas I Kota Batam Anas Ma’ruf mengatakan, tahun ini pihaknya tengah mempersiapkan Pelabuhan Internasional Sekupang untuk mendapat predikat pelabuhan sehat. “Kami punya waktu setahun untuk melakukan persiapan. Karena Verifikasinya akan dimulai tahun 2018 mendatang,” ujarnya.

Batam sendiri punya lima pelabuhan internasional dan satu bandara. Di antaranya Pelabuhan Internasional Batam Centre, Pelabuhan Marina City, Pelabun Nongsa, Pelabuhan Harbourbay dan Bandara Hang Nadim. Targetnya semua sudah mendapat predikat pelabuhan dan bandara bersih pada 2020 mendatang.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com