SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pelajar Natuna Harumkan Indonesia di Korsel

  • Reporter:
  • Rabu, 8 Agustus 2018 | 08:47
  • Dibaca : 83 kali
Pelajar Natuna Harumkan Indonesia di Korsel
Pelajar SMA asal Natuna Wan Rivaldo bersama piala, medali dan piagam juara pertama lomba World Invention Creativity Olympic (WICO) 2018 di Korea Selatan akhir pekan kemarin. /ist

NATUNA – Pelajar SMAN 2 Bunguran Timur, Natuna, Wan Rivaldo mengharumkan nama Indonesia di lomba internasional di Korea Selatan. Rivaldo yang bergabung dalam tim UGM meraih juara 1 kompetisi World Invention Creativity Olympic (WICO) pada akhir pekan kemarin.

Tim Universitas Gajah Mada (UGM) mengalahkan peserta lain yang berasal dari 21 negara untuk kategori lomba Inovasi Terbaik atau Best Innovation. Lomba internasional ini berlangsung di Seoul Trade Exhibition & Convention (SETEC) Korea Selatan selama tiga hari pada 2-4 Agustus 2018.

Anak laki-laki dari Wan Aris Munandar dan Elly itu mengikutsertakan Batik Indonesia dalam lomba. Pemuda kelahiran Ranai, 18 Oktober 2001, itu memaparkan tentang bahan dasar batik, corak, serta cara pemasaran yang memanfaatkan teknologi informasi dalam Bahasa Inggris. Selain juara 1 kategori Inovasi Terbaik, tim Indonesia meraih juara dua dari keseluruhan penilaian. Thailand dinobatkan sebagai juara umum.

“Alhamdulillah dengan dukungan dan doa dari masyarakat Natuna, ananda Rivaldo bisa meraih prestasi cemerlang,” kata Wan Aris Munandar, ayah Rivaldo, Senin (6/8).

Menurut sang ayah, Rivaldo bisa hadir dalam kompetisi itu atas undangan mahasiswa UGM yakni Gilman dan Afrizal. Rivaldo diundang karena pernah masuk 10 besar dalam lomba sains yang digelar di Fakultas Kedokteran UGM. Selain Rivaldo, dalam lomba sains di UGM itu juga ada Sasa, pelajar SMAN 2 Bunguran Timur.

Wan Aris munandar berharap ada pemuda asal Natuna yang mengikuti jejak Rivaldo di lomba pendidikan tingkat internasional. “Jika tidak ada halangan, Rivaldo tiba di Natuna pada Rabu (8/8) ,” jelas Wan Aris.

Sementara Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti mengapresiasi prestasi Wan Rivaldo yang sudah mengharumkan Indonesia dan Natuna di kancah internasional.

“Prestasi ini luar biasa. Untuk pertama kalinya putra Natuna berprestasi di kancah internasional. Kalau untuk tingkat nasional sudah biasa,” ujar Ngesti saat dihubungi, kemarin.

Ngesti menilai dengan prestasi Wan Rivaldo di Korea Selatan, bisa membuat sektor pendidikan di Natuna diperhitungkan di tingkat nasional maupun internasional.

“Semoga ini menjadi awal baik dan muncul Rivaldo lain yang tampil dalam berbagai even dan mendapatkan prestasi. Ananda Rivaldo bisa memotivasi teman-teman yang lain,” papar Ngesti. sholeh ariyanto

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com