SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pelatihan Komunikasi di Era Digital dan Milenial, Bhabinkamtibmas Garda Terdepan Perangi Hoaks

  • Reporter:
  • Kamis, 8 Agustus 2019 | 19:25
  • Dibaca : 82 kali
Pelatihan Komunikasi di Era Digital dan Milenial, Bhabinkamtibmas Garda Terdepan Perangi Hoaks
Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kepri Iskandar Zulkarnaen bersama Bhabinkamtibmas Polda Kepri usai menjadi narasumber narasumber pelatihan komunikasi di Tanjungpinang, kemarin. /ist

PINANG – Program pelatihan komunikasi di era digital dan milenial untuk anggota Bhabinkamtibmas di Kepri terus bergulir. Giliran Bhabinkamtibmas Polda Kepri di Tanjungpinang yang dibekali strategi komunikasi yang salah satu tujuannya menangkal hoaks di tengah masyarakat.

“Bhabinkamtibmas harus dekat dengan masyarakat. Bila perlu dapat menjadi tempat ‘curhat’ masyarakat,” ujar Dir Binmas Polda Kepri, Kombes Pol Bambang Sigit Priyono dalam Pelatihan Kemampuan Bhabinkamtibmas di Tanjungpinang, Kamis (8/8).

Sebagai gambaran, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau Bhabinkamtimbas adalah anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) yang bertugas membina keamanan dan ketertiban masyarakat dan juga merupakan pengemban fungsi Pemolisian Masyarakat (Polmas) di desa atau kelurahan.

Sigit mengatakan Bhabinkamtibmas perlu proaktif mendekatkan diri ke masyarakat dan mendengar persoalan yang dihadapi masyakarat. “Kalau perlu Bhabin itu datang ke acara rapat-rapat warga. Tanyakan mereka ada kesulitan apa. Kalau masyarakat bisa menceritakan permasalahan di sekitar mereka, itu bagus sekali,” sebut Sigit.

Karena itu anggota Bhabinkamtibmas harus memiliki kemampuan berkomunikasi. Sigit mendorong anggotanya untuk berani bicara di muka umum. Peserta pelatihan diminta menjawab atau memberikan pertanyaan. Siapa yang berani bicara, diberi hadiah.

Untuk menunjang kemampuan komunikasi anggota Bhabinkamtibmas, Dir Binmas Polda Kepri menggandeng Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kepri. “Sekarang ini kami sedang memerangi hoaks atau berita bohong. Di Polri ada turn back hoaks dan di Kementerian Kominfo juga ada, yang tugasnya men-take down berita-berita hoaks itu,” ujar Iskandar Zulkarnaen, Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kepri.

Iskandar berharap anggota Bhabinkamtibmas dapat menjadi garda depan, dalam pemberantasan berita bohong. Terutama dengan menggandeng kaum milenial, yang ada di lingkungan masing-masing. “Ajak anak-anak muda ini membentuk komunitas. Kita dekati dan rangkul mereka. Pasti mereka senang,” sebut Iskandar.

Pelatihan bagi 70 orang anggota Bhabinkamtibmas Poles Tanjungpinang dan Polres Bintan ini, juga menghadirkan Eko Nurisman, Dosen Universitas Internasional Batam sebagai narasumber.

chandra gunawan

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com