SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pembangunan Banyak Tak Tepat Sasaran

  • Reporter:
  • Kamis, 7 November 2019 | 10:27
  • Dibaca : 115 kali
Pembangunan Banyak Tak Tepat Sasaran
ilustrasi

ANAMBAS -DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas akan melakukan rapat kerja dengan pemerintah daerah dan konsultan, dalam waktu dekat. Langkah tersebut untuk menyatukan visi agar pembangunan Anambas ke depan lebih terarah.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Anambas, Amat Yani mengatakan, banyak pembangunan di Anambas yang dinilai belum tepat karena dalam pemanfaatannya tidak sesuai dengan harapan.

“Salah satu contoh pembangunan gudang logistik yang ada di Teluk Rit, sedangkan rencana pembangunan pelabuhan bongkar muat itu di Air Bini. Bagaimana nanti kapal sandar dan transportasi menuju gudang. Inilah yang perlu dimatangkan dalam perencanaannya,” ujar Yani, Rabu (6/11).

Dia juga menilai adanya kelonggaran dari pemerintah saat ada wacana dalam melaksanakan pembangunan. Selain perlu diperhatikan agar saat pembangunan sudah terlaksana bisa dimanfaatkan dengan baik.

“Jangan nanti bangunan sudah selesai namun pemanfaatan tidak tepat sasaran. Hal semacam ini perlu kita pikirkan bersama agar bagunan itu tidak sia-sia,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan, bahwa dalam pelaksanaan pembangunan harus diawali perencanaan yang baik, maka hasilnya akan baik juga.

“Intinya kita harus mempercepat detailnya tata ruang sehingga pembangunan tidak lagi asal jadi namun sudah terarah dan hasilnya bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat luas,” ujarnya.

Menurut dia, perlu adanya potret udara Kabupaten Kepulauan Anambas, sehingga perlu direncanakan dengan matang apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat. Terutama dalam pembangunan pelabuhan tentunya perlu dipikirkan transportasi dari pelabuhan menuju gudang. Sementara pelabuhan juga harus memiliki alur yang dalam dan akses dari darat yang memadai.

“Daerah kita ini adalah kepulauan. Tentu perlu pelabuhan, namun perlu juga diperhatikan akses dari pelabuhan menuju kota dari darat apakah sudah tepat atau belum,” katanya.

jhon munthe

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com