SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pembangunan Resort di Desa Teluk Bakau Diduga Bermasalah

  • Reporter:
  • Jumat, 21 April 2017 | 10:17
  • Dibaca : 681 kali
Pembangunan Resort di Desa Teluk Bakau Diduga Bermasalah
ilustrasi

GUNUNG KIJANG – Pembangunan Bintan Agro Beach Resort di Kampung Nelayan, Desa Teluk Bakau, Kecamatan Gunung Kijang dikeluhkan warga. Pasalnya, kontraktor pembangunan resort mengalihkan akses (jalan) nelayan ke laut. Warga merasa dirugikan karena harus ambil jalan memutar yang jaraknya makin jauh.

“Jalan kami sebelumnya nyaman karena dipavling blok. Sedangkan jalan baru sekarang hanya ditimbun sisa tanah merah dan tidak dikasih pavling. Jarak yang ditempuh juga makin jauh,” ujar Mat, salah seorang nelayan setempat ditemui di Desa Teluk Bakau, Kamis (19/4).

Tidak hanya itu, menurut Mat, proses pemindahan jalan milik nelayan hingga kini masih meninggalkan beragam persoalan. Salah satunya, warga belum mendapat ganti rugi dari pemilik resort yang dikabarkan bernama Agus Thamrin.

“Jalan sekarang sudah dipindahkan dan kondisi hanya berupa timbunan. Apakah hanya begitu saja kondisinya. Karena kami juga tidak mendapat ganti rugi,” katanya.

Sementara, Kepala Desa Teluk Bakau, Kecamatan Gunung Kijang Ramlan menegaskan, proses pemindahan jalan di RT01 RW01 yang sebelumnya sebagai akses nelayan sudah clear atau tidak ada masalah lagi.

Ramlan mengatakan, sebelum jalan itu dipindahkan, pihaknya juga sudah mengelar pertemuan dengan warga setempat. “Dalam pertemuan itu, warga tidak keberatan. Ada kok berita acara pertemuannya, arsipnya tersimpan di rumah,” ujarnya.

Terkait ganti rugi, kata Ramkan, nelayan sepakat dibukakan lahan baru sebagai akses pulang pergi ke laut. Jalan itu berupa timbunan, dengan jarak sekitar 80 meter dari resort dan penimbunan jalan dibiayai pihak resort. “Karena memang jalan lama itu masuk dalam area komplek resort. Sehingga dibukakan jalan baru untuk nelayan,” terangnya.

Hal senada disampaikan Ketua RT01 RW01. Dia mengatakan, pemindahan akses nelayan tidak ada masalah lagi.

“Dari kemarin sudah clear. Saya juga hadir dalam pertemuan itu. Waktu itu kita adakan voting suara terbanyak, lebih banyak yang setuju jalan dipindahkan, saya heran juga masalah ini disinggung kembali,” ujarnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com