SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pemegang Rekor Dunia Profesor Doktor Termuda

Pemegang Rekor Dunia Profesor Doktor Termuda
Alia Sabur

Menuai prestasi cemerlang dalam bidang apapun, terlebih di usia yang masih sangat muda, pastinya menjadi hal membanggakan. Seperti yang dilakoni Alia Sabur, yang meraih gelar sarjana di usia 14 tahun.

Tak hanya meraih gelar sarjana di usia sangat muda, Alia juga telah menjadi dosen sekaligus profesor di bidang matematika modern saat usianya belum genap 19 tahun. Gadis belia ini juga mencatatkan namanya dalam Guinness Book of Record sebagai profesor doktor termuda di dunia. Catatan gemilang ini sekaligus mematahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh salah seorang murid Sir Issac Newton, Colin Maclaurin, yang bertahan hampir tiga abad atau persisnya sejak 1717.

Saat berusia dua tahun, cewek jenius ini mendengarkan audiobook novel mengenai smart spider. Alia kesal. Karena, menurut ia, alur cerita novel tersebut sangat lambat. Perubahan radikal terjadi ketika Alia mulai kuliah di Stony Brook University New York, di usia 10 tahun. “Saat aku masuk ke ruang kuliah, kebanyakan mahasiswa menganggap aku hanya anak kecil yang dibawa oleh salah satu mahasiswa,” kenang Alia.

Ternyata, kebebasan berekspresi sejak bayi, merupakan salah satu faktor yang “mencetak” kejeniusan pada otak Alia. “Orangtuaku memberi kebebasan untuk mengeksplorasi apapun yang aku suka. Apakah itu membaca, menggambar, bermain bersama teman. Dua hal yang sangat aku cintai, yaitu matematika dan musik,” ujar pemegang sabuk hitam Tae Kwon Do ini.

Alia sendiri dilahirkan di New York, pada 22 Februari 1989. Kedua orangtuanya menikah pada 1980. Ibunya, Julie bekerja sebagai seorang reporter untuk News12 di Long Island, sampai 1995. Ayah Alia Sabur adalah seorang keturunan Pakistan.

Perkembangan Alia sejak kecil sangat mengagumkan, bahkan ia sering disebut sebagai anak ajaib karena kecerdasannya yang luar biasa. Ia mulai bicara dan membaca ketika masih berumur 8 bulan. Ia juga menjalani masa studinya dengan waktu amat singkat, yakni menyelesaikan pendidikan SD pada usia 5 tahun.

Alia awalnya mengikuti sekolah yang sama seperti anak biasanya. Tetapi, ketika duduk di bangku kelas 4 SD, ia diizinkan mengikuti kelas di jurusan matematika Universitas Story Brook, setelah melalui beberapa tes. Ia hanya mengerjakan tes tersebut dengan waktu singkat, yakni 15 menit. Yang mengejutkan, ketika IQ-nya dites, angkanya melebihi dari tabel penilaian.

Ibunya yang mengantar pada waktu itu, mengaku sedikit aneh dan meminta Alia untuk memeriksa kembali hasil tes IQ-nya. Namun, Alia sudah sangat yakin mengenai apa yang telah ia lakukan. Bahkan, profesor yang memeriksa pekerjaan Alia juga memastikan, bahwa Alia mendapatkan nilai sempurna, dan itu sangat memuaskan sekaligus membanggakan. Terlebih, saat itu Alia baru berusia 10 tahun.

Alia kemudian masuk kuliah pada umur 10 tahun. Ia juga menjadi wanita paling muda yang mencatatkan namanya dalam sejarah Amerika Serikat, yang berhasil menyelesaikan tes masuk kuliah tersebut. Lulus dari Universitas Story Brooklyn dengan predikat kelulusan tertinggi summa cum laude, Alia melanjutkan studinya ke Universitas Drexel.

Di tempat ini, ia meraih gelar master of science dan PhD di bidang sains dan teknik, dengan waktu studi tidak lebih dari 5 tahun dan dengan prestasi gemilang pula. Masa depan cemerlang terbentang luas di hadapan remaja Northport, New York itu. Tapi, ia lebih memilih mengajar dengan menjadi dosen.

“Saya sangat senang mengajar. Karena, di bidang itulah kita bisa membuat perbedaan. Dengan mengajar, kita tidak cuma menunjukkan yang bisa kita lakukan, tapi juga memampukan orang lain untuk membuat perbedaan,” kata wanita bertubuh subur ini.

Tidak cuma cemerlang di bidang akademis, Alia juga sudah terampil memainkan klarinet bersama Rockland Symphony Orchestra, pada usia 11 tahun. Bahkan, di bidang musik ini ia sudah mendapat berbagai penghargaan. Seni bela diri juga dikuasainya dengan menyandang sabuk hitam Tae Kwon Do.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com