SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pemilihan Cawagub, Demokrat Lobi Rekomendasi Agus

  • Reporter:
  • Selasa, 21 Maret 2017 | 11:14
  • Dibaca : 304 kali
Pemilihan Cawagub, Demokrat Lobi Rekomendasi Agus
ilustrasi

PINANG – Sekretaris DPD Demokrat Provinsi Kepri Husnizar Hood menyatakan partainya tengah melobi PPP, PKB dan Gerindra agar memuluskan jalan kadernya, Agus Wibowo menjadi Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Kepri . Ketiga partai pengusung itu sampai sekarang belum memberikan rekomendasi terhadap Ketua DPC Demokrat Bintan tersebut.

“Partai-partai yang belum menyetujui dua nama cawagub yang diajukan Demokrat dan telah diajukan Pak Gubernur ke DPRD Kepri sedang kami lobi,” kata Husnizar di gedung DPRD Kepri di Dompak, Tanjungpinang, Senin (20/3).

Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengajukan dua nama yaitu Agus Wibowo dan Isdianto ke DPRd Kepri untuk mengikuti pemilihan Wagub Kepri. Namun, Agus hingga kini baru mengantongi 2 surat rekomendasi yakni dari Demokrat dan NasDem. Sedangkan PPP, PKB dan Gerinda belum mau lantaran ketiganya masih berusaha agar calon yang mereka usung yakni Mustafa Widjaja dan Fauzi Bahar juga diserahkan Nurdin ke DPRD Kepri.

Adapun surat rekomendasi dari partai pengusung terhadap calon, menjadi salah satu syarat agar proses pemilihan Wagub Kepri dapat dilangsungkan DPRD Kepri. Sementara, posisi Isdianto sudah aman karena diusulkan oleh kelima partai pengusung.

Husnizar mengaku sudah menemui Ketua DPW PPP Kepri Syarafuddin Aluan, dan membahas masalah ini. Namun ia masih enggan menyebut hasilnya.

Ditemui di tempat yang sama, Syarafuddin Aluan juga enggan menyebut hasil pertemuannya dengan Husnizar. Ia mengatakan, permintaan Demokrat akan dilaporkan ke DPP.

“Kan harus ada persetujuan juga dari DPP. Kami di DPW tidak bisa memberikan rekonendasi sembarang saja,” katanya.

Menurutnya, tidak ada yang aneh jika Demokrat melakukan lobi-lobi politik kepada partai pengusung lain. Namun, PPP sebagai bagian dari partai pengusung, juga memiliki hak yang sama dalam pengajuan Cawagub Kepri.

“Kami masih berkeinginan agar calon yang diusulkan PPP yakni Isdianto dan Mustofa Wijaya diajukan ke DPRD. Namun kami akan melihat dinamika politik yang berkembang, Namanya politik itu kan tidak kaku,” ujarnya.

Terpisah, Sekretaris DPD Gerindra Kepri Onward Siahaan mengaku belum ada membicarakan perihal surat rekomendasi untuk Agus Wibowo.

“Setahu saya Demokrat belum melakukan komuniaksi politik dengan kami soal ini. Tapi saya tidak tahu, jika lobi itu melalui Ketua Gerindra langsung,” katanya.

Onward menegaskan, partainya tetap memperjuangkan dua nama jagoannya yakni Isdianto dan Fauzi Bahar.

“Sampai sekarang kami masih komitmen. Bagaimana ke depannya, kami akan melihat dinamika politik yang berkembang. Intinya, kami akan mencari yang terbaik demi Kepri,” kata dia.

Belum Ada Kemajuan
Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak menegaskan, proses pemilihan Cawagub Kepri belum ada perkembangan. Berkas yang dikembalikan DPRD Kepri ke Gubernur Nurdin karena tidak lengkap, sampai sekarang belum dikirim ulang.

“Kami tidak mungkin juga memaksa-makasa gubernur dan partai pengusung. Namun kami berharap saat berkas itu dimasukkan kembli ke DPRD, semua syarat administrasi kedua calon sudah lengkap,” katanya.

Jika berkas tersebut sampai tiga kali dimasukan, maka DPRD Kepri bisa menolak usulan dua nama tersebut.

“Saat ini baru satu kali kami kembalikan untuk dilengkapi. Kita tunggu saja yang berikutnya,” kata dia.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com