SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pemilik dan Koki Restoran Pizza Belajar di BTP

Pemilik dan Koki Restoran Pizza Belajar di BTP
BTP Logo

SEKUPANG – Sepuluh pemilik restoran dan koki pizza terkemuka di kawasan Asia Tengara belajar membuat Pizza di Batam Tourism Politenik (BTP). Mereka dibimbing langsung oleh Chef Pizza terkenal dari Italia Alesandro Lunardi, dan Finalis World Pizza Competition 2005 Muhammad Yusuf Kamaruddin. “Ini merupakan bagian dari program kerjaasama BTP dengan Pizza University dari Italia,” kata Direktur BTP M Nur Nasution, Rabu (5/4).

Setidaknya pemilik dan koki dari tiga restoran pizza besar di ASEAN yang belajar dalam program tersebut. Antara lain Gourmet Pizza dari Filipina, Santino Pizza dari Malaysia dan Pezzo Pizza dari Myanmar.

BTP merupakan satu-satunya tempat di Asia Pasifik yang menyediakan program pelatihan pembuatan pizza dengan bekerja sama dengan Pizza Univesrsity Italia. Dengan peralatan yang super lengkap, BTP jadi jadi tujuan utama pakar pizza ASEAN untuk memperdalam ilmunya. “Hanya dengan belajar seminggu, mereka langsung dapat sertifikat standar internasional,” ujarnya.

Koki dari University Pizza Italia, Alessandro Lunardi mengajarkan pengetahuan tentang pizza Italia, mulai dari yang paling mendasar hingga level paling tinggi. Pengetahuan paling dasar menurut dia adalah mengenal karakteristik tepung, hingga bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembautan pizza. “Mereka juga belajar mengenal semua jenis pizza yang dihidangkan sesuai musim dan bentuk-bentuknya,” katanya.

Para peserta yang diajarkannya cenderung cepat menangkap teori yang diberikan oleh Alessandro. Hanya saja, butuh waktu yng lebih lama saat mereka mulai praktik membuat pizza yang sesuai dengan standar teori yang dipelajari.

Menurut Alessandro, pembuatan pizza memang terlihat gampang. Namun koki pizza harus benar-benar memahami karakteristik dan komposisi bumbu yang dipakainya dalam membuat pizza. “Pembuat pizza itu adalah profesi yang membutuhkan teknik khusus. Saat membuat pizza, mereka harus mengerti bahwa itu tak semudah yang dilihat,” kata Alessandro.

Pemilik Pezzo Pizza dari Myanmar, Michael mengaku tertarik ikut program Pizza University di BTP karena akan banyak ilmu yang bisa diserap. Selain mendapat ilmu dari dua mentor kelas dunia, dia juga bisa berbagi ilmu dari sesama pemilik restoran pizza yang beroperasi di berbagai negara lain di ASEAN. “Beberapa profesional pizza ngumpul di sini. Jadi mereka bisa tukar ilmu antar sesama profesional,” ujarnya.

BTP juga merupakan satu-satunya tempat diselenggarakannya pelatihan pembuat pizza kelas internasional. Dia tak perlu lagi menghabiskan biaya besar untuk mendapat ilmu yang sama di Eropa. Setidaknya butuh 10.00 dolar Amerika jika kursus di Eropa. “Dengan adanya Pizza University di BTP, bisa mendapat ilmu yang sama dengan lebih murah dan mudah,” kata Michael.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com