SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pemindahan Pelabuhan Bongkar Muat Ditunda

  • Reporter:
  • Jumat, 9 November 2018 | 09:40
  • Dibaca : 83 kali
Pemindahan Pelabuhan Bongkar Muat Ditunda
Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjungbalai Karimun beberapa waktu lalu. Pelabuhan tersebut hanya dapat menerima kapal berkapasitas 600 GRT, pemindahan pelabuhan bongkar muat ke Pelabuhan Parit Rampak diharapkan dapat menaikkan daya tampung kapasitas kapal. ft ricky

KARIMUN – Wacana pemindahan pelabuhan bongkar muat ke Parit Rampak belum juga terelaisasi. Hal itu karena terkendala izin dari Dirjen Perhubungan. Pasalnya, sejak diajukan pada awal 2017 lalu, sampai saat ini proses pengurusan izin tak kunjung menemui titik terang.

“Izin ke Kementerian itu belum selesai, kita masih menunggu perkembangannya. Mungkin ada beberapa dokumen yang belum lengkap yang harus kita perbaiki lagi, dan dalam waktu dekat kita segera ke sana,” ujar Dirut Badan Usaha Kepelabuhan (BUP) Karimun M Syahrijal, kemarin.

Ia mengatakan, saat ini kemampuan pelabuhan bongkar muat yang ada, di Pelabuhan Tanjungbalai Karimun hanya dapat menerima kapal berkapasitas 600 Gross Register Ton (GRT). Sementara pelabuhan bongkar muat Parit Rampak dapat menerima kapal berkapasitas 1000 GRT.

Dia berharap pemindahan pelabuhan bongkar muat tersebut dapat segera terealisasi sehingga nantinya kapal berkapasitas 1.000 GRT dapat bersandar di Pelabuhan Parit Rampak.

“Mudah- mudahan bisa secepatnya, kita hanya bisa menunggu,” katanya.

Syahrijal mengatakan, saat ini Pelabuhan Parit Rampak juga sedang dalam tahapan pengembangan oleh Pemerintah Provinsi Kepri dengan anggaran sekitar Rp7 Miliar. Nantinya, setelah pembangunan selesai, maka kapal berkapasitas 2.500 GRT dapat masuk ke Karimun.

“Akan dibangun pelabuhan kargo yang lebih besar dengan kapasitas sebesar 2.500 GRT. Tentu dengan ada peningkatan ini, ke depan kapal lebih besar lagi dapat bersandar disini,” katanya.

Syahrijal menyebut pihaknya sangat berharap terhadap pengembangan dermaga yang baru, nantinya akan ada pelangsir untuk landasan kapal tongkang sehingga dapat menunjang aktivitas bongkar muat di Karimun.

“Kita targetkan ini dapat segera diselesaikan dalam satu tahun ke depan,” katanya.

ricky robiansyah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com