SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pemindahan Pelabuhan Taman Bunga Tidak Terealisasi

  • Reporter:
  • Selasa, 14 Januari 2020 | 09:43
  • Dibaca : 145 kali
Pemindahan Pelabuhan Taman Bunga Tidak Terealisasi

KARIMUN – Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan telah melakukan segala upaya dan usaha untuk melakukan pemindahan pelabuhan bongkar muat Taman Bunga, Kecamatan Karimun ke Parit Rampak, Kecamatan Meral.

Pemindahan ini dianggap sangat mendesak mengingat kondisi dan tata letak pelabuhan sudah tidak layak lagi karena kodisinya cukup padat sehingga dapat mengganggu arus masuk dan keluar, demikian juga dengan jalur kendaraan.

Upaya pemerintah daerah ini telah dilakukan sejak 2016 silam, Pemerintah Daerah terus melakukan pendekatan bahkan melakukan pertemuan dengan pihak Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) serta PT Pelindo I di Medan. Rafiq bersama Badan Usaha Pelabuhan (BUP) dan Dinas Perhubungan bahkan sudah menyurati Kementerian Perhubungan terkait masalah perizinan agar Parit Rempak dapat beroperasi.

“Upaya itu sudah kita lakukan semaksimal mungkin, namun Pelindo tidak mengizinkan pemindahan pelubahan itu,” kata Rafiq.

Dia menyangkal adanya pendapat berbagai pihak yang menyatakan bahwa Pemerintah Daerah tidak serius melakukan pemindahan pelabuhan tersebut ke Parit Rampak. Dikatakan, Pemerintah Daerah sangat mengharapkan pemindahan pelabuhan tersebut sesegera mungkin direalisasikan sehingga persoalan tersebut tidak menjadi polemik ditengah masyarakat.

“Segala upaya sudah kita lakukan, mulai dari beberapa pertemuan hingga menyurati Kementerian Perhubungan. Namun kita mendengar, bahwa Pelindo tidak mau memindahkannya karena Pelabuhan Perit Rampat dianggap tidak memenuhi standar,” kata Rafiq.

Namun, Rafiq tetap berharap persoalan pemindahan pelabuhan Taman Bunga ke pelabuhan Parit Rampak mendapat kepastian, mengingat pelabuhan Parit Rampak telah dapat menampung kapal dengan kapasitas 1.000 GT keatas.

“Harapan kita tetap ada. Karena kita menganggap pelabuhan Parit Rampak sudah lebih layak digunakan dari pada pelabuhan Taman Bunga, di sana ada roro, ada pergudangan, jadi sudah cukup layak,” katanya.

ernis hutabarat

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com