SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pemkab Anambas Optimasi Sawah Jemaja

  • Reporter:
  • Rabu, 17 April 2019 | 14:11
  • Dibaca : 98 kali
Pemkab Anambas Optimasi Sawah Jemaja
ilustrasi foto DOK SINDO BATAM

ANAMBAS – Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan (DPPP) Kabupaten Kepulauan Anambas optimasi sawah 50 hektar di Jemaja Timur untuk tahun 2019. Hal ini bertujuan untuk pemanfaatan lahan tidur yang sudah lama tak digarap oleh masyarakat.

“Kita optimasi lahan seluas 50 hektar untuk tahun ini. Optimasi ini untuk memanfaatkan kembali lahan tidur dan kita serahkan kepada kelompok tani di Jemaja Timur,” kata Kepala Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan Anambas Effi Sjuhairi, Senin (15/4).

Effi juga menambahkan pihaknya tidak hanya fokus pada pembukaan lahan, tetapi membina pengelolaan lahan agar hasil panen lebih berkualitas dan produktif. “Semua masyarakat khususnya petani kita bantu, mulai dari pembibitan dan cara mengelola padi dengan baik. Bahkan kita kerahkan tenaga ahli bidang pertanian dari Universitas Riau (Unri) mendampingi para petani, agar hasil panen lebih produktif dan berkualitas,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Effi juga menyinggung kalau pihaknya membantu pengairan sawah menggunakan irigasi untuk membantu pengairan lahan petani. “Saat ini sudah ada empat mesin kita bantu untuk pengairan sawah. Karena masyarakat lebih memilih penanaman padi,” katanya.

Effi juga mengaku, kalau Jemaja Timur cikal bakal lumbung padi Kabupaten Kepulauan Anambas. Pasalnya saat ini hampir 90 hektar sawah sudah digarap masyarakat untuk menamam padi.

“Tahun lalu sudah kita buka 40 hektar, tahun ini tambah lagi 50 hektar. Kita target kan Kecamatan Jemaja Timur menjadi lumbung padi Anambas, sehingga kita sangat fokus membina petani untuk menghasilkan padi yang berkualitas. Pada tahun 2018 lalu, hasil sudah membuktikan, di mana hasil panen yang biasa hanya 3,5 ton per hektar tetapi sudah meningkat menjadi¬†5 ton,” jelasnya.

Effi menambahkan, untuk pemasaran hasil panen masyarakat tidak perlu khawatir. Karena Pemkab Anambas telah bekerjasama dengan Bulog. “Jadi masyarakat tidak khawatir lagi karena kita sudah kerja sama dengan Bulog untuk pemasaran hasil panen. Dan ini juga yang menambah semangat para petani di Jemaja Timur,” katanya.

jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com