SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pemkab Berikan Penghargaan Dinas Transparan

  • Reporter:
  • Kamis, 20 Desember 2018 | 13:41
  • Dibaca : 121 kali
Pemkab Berikan Penghargaan Dinas Transparan
Wakil Bupati Anambas Wan Zuhendra memberikan sertifikat penghargaan kepada OPD yang nilainya terbaik dalam transparan, Rabu (19/12). f jhon munthe

ANAMBAS – Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Kabupaten Anambas memberikan apresiasi kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau dinas yang dinilai transparan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Anambas Japrizal mengatakan, OPD yang mendapat penghargaan merupakan instansi yang patuh dan rutin melakukan upload kegiatan sesuai dengan yang dilaksanakan.

“Kita berikan nilai atau penghargaan kepada OPD yang telah rutin setiap bulan mengupload kegiatan mereka. Bagi setiap OPD ada PPID pembantu, merekalah yang bertugas melaksanakan kegiatan itu di OPD-nya masing-masing,” kata Japrizal, Rabu(19/12).

Ia mengatakan, salah satu penilaian dalam memberikan penghargaan adalah OPD yang rajin memberikan laporan kegiatan maksimal tanggal 10 setiap bulan selama setahun ini. Peringkat pertama diraih Badan Keuangan Daerah (BKD) dan disusul oleh Bakesbangpol. Sementara nilai paling terakhir adalah Sekretariat Daerah (Sekda) Pemkab Anambas.

“Bagi yang belum mendapat penghargaan belum tentu tidak masuk dalam penilaian. Namun mereka kemungkinan terlambat dalam mengupload kegiatan di website PPID. Ini kita nilai setiap bulan dan pemberian penghargaan sekali dalam setahun,” ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Informasi dan Persandian Dinas Kominfo Richart menambahkan, keterbukaan informasi publik merupakan apresiasi terhadap OPD yang dinilai sudah melakukan kegiatan secara transparan. Dengan pemberian penghargaan itu, lanjutnya, dapat memacu OPD lain agar bersaing secara sehat menuju transparan kepada masyarakat.

“Penghargaan ini diberikan kepada OPD yang dinilai setiap bulan rutin sesuai dengan tanggal yang telah disepakati. Ini juga untuk memicu dinas lain agar mengupload kegiatannya sesuai dengan SK yang telah diberikan,” ujarnya.

Richart juga menyampaikan, ke depan ini merupakan cambuk terhadap OPD karena penilaian oleh komisi informasi adalah secara keseluruhan. Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik merupakan PPID utama dalam mengarahkan setiap PPID pembantu yang ada di setiap OPD.

“Penilaian dari Komisi Informasi adalah secara keseluruhan. Jadi kita dari Kominfo tidak bisa bekerja sendiri harus bersama-sama agar predikat kita yang menurun bisa naik lagi. Ini butuh kerja keras semua OPD terkait dan tahun ini kita rencanakan sampai pada tingkat desa dan sekolah,” ujarnya. jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com