SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pemkab Bintan Akan Beli Kapal Operasional

Pemkab Bintan Akan Beli Kapal Operasional
ilustrasi.

BINTAN – Pemkab berencana memiliki kapal operasional guna mempermudah pelayanan pemerintahan di pulau-pulau. Mengingat 96% wilayah Bintan adalah lautan. Pengadaan sudah dianggarkan Detail Engineering Design (DED) atau produk konsultan perencana dalam APBD 2016 lalu.

“Dalam waktu dekat ini kita akan melihat kemampuan anggaran kita untuk pengadaan kapal. Anggarannya tinggal dicek lagi DED-nya,” ujar Apri di Gunung Kijang, Senin (20/3).

Dia mengatakan, Bintan sebagai tempat pariwisata dirasa perlu membutuhkan kapal operasional Pemda. Agar memberikan satu fasilitas pelayanan kepada masyarakat, terutama investor dalam rangka promosi untuk berkeliling melihat pariwisata Bintan.

“Yang penting bukan kemewahannya tapi bagaimana manfaat tujuan kapal itu untuk Bintan,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bintan Yandriansyah melalui Kasi Perencanaan Prasarana Laut dan Udara Irwan Lapi membenarkan adanya pengadaan usulan kapal operasional Pemkab Bintan. Pihaknya menilai luas daerah Bintan, terutama lautnya sudah sepatutnya pemda memiliki kapal operasional untuk kemudahan pelayanan pemerintah kepada masyarakat hinterland.

“Perencanaan DED sudah ada, tinggal direalisasikan saja,” ujar Irwan.

Kapal tersebut, kata dia, tidak hanya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat akan tetapi dapat membawa investor bertamu ke Bintan. Dishub menunggu persetujuan apakah pengadaan kapal disetujui. “Semua pengusulan sudah dilengkapi, tinggal persetujuan saja,” katanya.

Selain itu, kondisi pelabuhan masih banyak lagi diperlukan untuk kenyamanan masyarakat dan kapal-kapal transportasi laut. Terutama dalam fender karet dermaga untuk keselamatan kapal. Namun, semua usulan tergantung anggaran.

“Fender karet ini kapal-kapal akan lebih aman saat sandar di pelabuhan,” ujar Irwan.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com