SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pemkab Bintan Gelar Pelatihan Pengembangan BUMDes

  • Reporter:
  • Rabu, 24 Mei 2017 | 10:43
  • Dibaca : 418 kali
Pemkab Bintan Gelar Pelatihan Pengembangan BUMDes
Plt Sekda Kabupaten Bintan Adi Prihantara menyalami peserta pelatihan dan pengembangan BUMDes di aula Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, Selasa (23/5).novel m sinaga

SERI BENTAN – Pemkab menggelar pelatihan dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) se Kabupaten Bintan 2017, di aula Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, Selasa (23/5). Kegiatan guna menciptakan perencanaan keuangan desa, manajemen administrasi desa, serta akuntabilitas keuangan desa yang lebih baik.

Plt Sekda Kabupaten Bintan Adi Prihantara meminta seluruh kepala desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta pimpinan BUMDes mengikuti seluruh rangkaian pelatihan dengan seksama. Agar menambah pemahaman dalam pengelolaan dana desa yang akuntabel demi kemajuan desa masing-masing.

“BUMDes akan jadi primadona. Suatu desa akan maju seiring dengan penguatan BUMDes yang kreatif, hal ini dikarenakan peranan BUMDes sangat menentukan bagi pembangunan dan kemajuan suatu desa,” ujar Prihantara saat membuka pelatihan BUMDes.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bintan Ronny Kartika mengatakan, pelatihan sebagai salah satu implementasi akuntabilitas pengelolaan BUMDes.

“Pengelolaan BUMDes harus lebih profesional, akuntabel, dan transparan. Semua pendapatan dan pengeluaran BUMDes harus dapat dibukukan dengan baik,” katanya.

Untuk mewujudkan itu, pihaknya mendatangkan nara sumber tingkat nasional yang berkompeten di bidang pembangunan dan pengembangan desa serta BUMDes, yakni Kepala Desa Dlingo Yogyakarta Bahrain Wardoyo yang dikenal dengan inovasinya Desa Mart. Selain itu Konsultan Desa dan BUMDes Ervita Duwi Astutik dari Universitas Dr Soetomo Surabaya.

“Peserta dapat menyerap pengalaman dan ilmu terkait kiat dan strategi dalam mengatur pola anggaran, implementasi manajemen desa dan juga kemajuan pengelolaan BUMDes untuk diterapkan atau dicontoh di desanya masing-masing,” ujarnya.

Dia juga berharap, usai pelatihan dan pembinaan, BUMDes di Kabupaten Bintan mampu menjadi salah satu pilar kegiatan ekonomi di Kabupaten Bintan, khusunya dalam hal pembangunan desa.

“Segala potensi dan juga sumber daya alam milik desa bisa termanfaatkan secara maksimal untuk pembangunan ekonomi masyarakat desa,” harapnya. novel m sinaga

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com