SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pemkab Segera Bangun Penggilingan Padi

Pemkab Segera Bangun Penggilingan Padi
Bupati Karimun Aunur Rafiq meninjau gudang distributor beras milik Ahi di Sungailakam Kecamatan Karimun, beberapa waktu lalu /ABDUL GANI

KARIMUN – Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun akan segera membangun pabrik penggilingan padi tahun 2018 mendatang, untuk mengantisipasi kelangkaan pangan akibat ditutupnya keran impor. Upaya tersebut adalah langkah pemerintah untuk menjamin ketahanan pangan di Karimun, yang bukan merupakan daerah penghasil.

Bupati Bintan Aunur Rafiq menyatakan, pembangunan penggilingan padi (ricemill) itu bertujuan untuk mengamankan cadangan pangan, dengan menyimpan gabah kering. Langkah itu dipandang lebih efektif karena daya tahan gabah yang jauh lebih lama daripada beras saat disimpan.

“Kedepan pemerintah tidak akan menyetok beras, kita ganti gabah kering yang sudah siap olah menjadi beras,” kata Bupati Karimun Aunur Rafiq, kemarin.

Setelah beroperasi, Rafiq berencana mendatangkan gabah kering dari luar wilayah kabupaten untuk disimpan dan diolah saat diperlukan. Rafiq mengatakan, nantinya akan mendatangkan langsung pasokan dari petani penghasil gabah di Pulau Jawa dan Sumatra. Pelaku usaha di Karimun kedepannya tidak perlu mendatangkan beras lagi.

Selengkapnya baca KORAN SINDO BATAM

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com