SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pemko Akan Terapkan Retribusi Sampah Non Tunai

  • Reporter:
  • Kamis, 29 Juni 2017 | 15:25
  • Dibaca : 684 kali
Pemko Akan Terapkan Retribusi Sampah Non Tunai
Truk pengangkut sampah. Foto Teguh Prihatna.

BATAM KOTA – Pemko Batam terus meminimalisir hilangnya Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sejauh ini, banyak potensi khususnya sektor retribusi yang dinilai hilang tak masuk ke kas daerah. Untuk itu, di kepemimpinan Wali Kota Muhammad Rudi akan digencarkan pembayaran non tunai. “Kami sedang kaji potensi pendapatan untuk retribusi sampah,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam Dendi Purnomo, Rabu (28/6).

Setelah didapat angka perkiraan pendapatan, pihaknya akan memulai penarikan retribusi sampah melalui non tunai. Menurut dia, untuk sistem non tunai nantinya ada beberapa sistem yang direncanakan untuk mencegah kebocoran. “Ada sistem barcode, kami juga rencanakan melalui rekening air dan rekening listrik,” ujarnya.

Namun pihaknya belum memastikan menggunkan sistem apa nantinya. Dendi berharap semua pihak mau mendukung rencana pemerintah ini. DLH Batam juga sudah mengajukan ke PLN dan juga ATB untuk mendukung pembayaran retribusi sampah ini. “Sistemnya sedang didesain, nanti September kami mulai ujicoba,” kata Dendi.

Sembari menunggu sistem siap, pihaknya tetap menagih retribusi dengan cara manual. Masyarakat diminta untuk membantu pemerintah mencegah kebocoran dengan melihat surat perintah yang masing-masing petugas bawa saat menagih. “Dan itu harus diketahui camat dan lurah,” ujarnya.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan, pihaknya akan terus menggencarkan peningkatan PAD Batam. Upaya ini sebagai langkah wali kota untuk membangun sejumlah infrastruktur di kota industri ini. “PAD harus ditingkatkan untuk kepentingan pembangunan Batam,” kata Rudi.

Ada beberapa potensi yang saat ini dinilai belum maksimal seperti parkir dan juga retribusi sampah. Untuk memaksimalkan itu, pihaknya terus menggesa agar retribusi ini bisa dilaksanakan non tunai. “Harus segera dilaksanakan,” ujarnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com