SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pemko Batal Beri Insentif Guru Madrasah

  • Reporter:
  • Senin, 15 Oktober 2018 | 16:12
  • Dibaca : 110 kali
Pemko Batal Beri Insentif Guru Madrasah
ilustrasi

BATAM KOTA – Pemko Batam batal memberikan insentif atau tunjangan bagi 717 guru madrasah se-Kota Batam. Dana yang sudah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Batam 2018 ini akan menjadi Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) APBD Tahun 2018.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Batam Muhammad Yunus mengatakan, pemberian insentif yang dianggarkan oleh Pemko Batam sebesar Rp7,4 miliar dalam APBD 2018. Tunjangan untuk menyejahterakan tenaga pendidik agama itu mendapatkan teguran dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Kepri.

“Karena mereka di bawah naungan Kemenag (Kementerian Agama). Dan itu menjadi temuan pemeriksa keuangan. Otomatis dana itu dikembalikan ke negara,” ujarnya di Batam Centre, Minggu (14/10).

Adapun guru madrasah yang menerima insentif ini yakni, guru setingkat TK 355 orang, SD atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) 222 orang dan Madrasah Tsanawiyah (Mts) atau SMP 141 orang.

“Informasi yang kami terima, Pemko sudah menyurati BPK terkait mekanisme penyaluran bantuan ini. Apakah diberikan ke Kemenag dulu, baru nanti mereka yang menyalurkan ke rekening guru atau gimana. Tapi untuk tahun ini tidak bisa lagi,” jelasnya.

Pemko Batam, sambungnya, harus segera menentukan mekanisme penyerahan bantuan bagi guru madrasah tersebut. Apakah harus menyalurkan kepada Kemenag dahulu, baru disalurkan kepada guru yang menerima.

“Atau anggaran ini dihilangkan saja. Karena pembahasan KUA-PPAS (kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara) untuk APBD 2019 akan segera dibahas,” katanya.

Mengenai besaran yang akan diterima guru tersebut, Yunus mengungkapkan jika tidak ada perubahan rencananya mereka akan diberikan Rp1 juta per bulannya.

“Penerima merupakan mereka yang belum sertifikasi. Sebab guru tak boleh terima ganda. Mereka yang telah sertifikasi menerima dari Kemenag,” katanya. iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com