SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pemko Batam Ajak Media Perangi Berita Fitnah

  • Reporter:
  • Rabu, 22 Maret 2017 | 12:10
  • Dibaca : 337 kali
Pemko Batam Ajak Media Perangi Berita Fitnah
ilustrasi

BATAM KOTA – Pemko Batam mengundang 25 perwakilan dari perusahaan media di Batam, , Selasa (21/3). . Dalam pertemuan itu, perusahaan media dijejali pertanyaan bagaimana membangun informasi yang terklarifikasi. Dengan begitu, media juga diajak berperan untuk memerangi berita fitnah (hoax).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Batam Salim mengatakan, peran media sangat penting di tengah arus informasi di media sosial (medsos) yang belum tentu kebenarannya sehingga kerap menjadi sebuah fitnah. “Forum media ini mengajak media di Batam ikut memerangi hoax,” ujarnya.

Menurut dia, dengan banyaknya informasi yang tersebar di medsos tanpa dipastikan kebenarannya akan membuat Batam tak kondusif. Bahkan, sambungnya, khusus Batam pemberitaan di kota perbatasan ini menjadi sorotan nasional maupun internasional. “Seperti berita bakal ada ribut di Bengkong. Itu disoroti Singapura, mereka minta warga mereka waspada ke Batam. Padahal tidak ada,” kata Salim.

Dengan adanya Forum Media ini, Salim berharap peran media di Batam memerangi hoax dengan menyebar informasi fakta. Di awal pembukaan Forum Media ini, Dinas Kominfo Batam mengundang media baik koran, televisi, media online termasuk dari Humas Setdako Batam.

Untuk pembicara dalam forum ini, Kominfo Batam mendatangkan Pimpinan Redaksi Informasi Publik (Media Online Kementerian Kominfo) dan juga Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepri. Diskusi dalam forum kali ini, Kominfo mengangkat tema ‘Peran Media Sebagai Pendorong Pembangunan dan Pendukung Kegiatan Anti Hoax’. “Forum ini dibentuk untuk saling berdiskusi dan berbagi ilmu seputaran pemberitaan,” kata dia.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com