SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pemko Batam Buka Lowongan Direksi dan Komisaris BUMD

  • Reporter:
  • Senin, 15 April 2019 | 15:51
  • Dibaca : 59 kali
Pemko Batam Buka Lowongan Direksi dan Komisaris BUMD
ilustrasi

BATAM KOTA – Pemko Batam membuka lowongan untuk formasi anggota direksi dan anggota komisaris PT Pembangunan Kota Batam. Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Batam ini ke depan diharapkan bisa memberikan kontribusi terhadap pendapatan daerah. Seleksi terbuka dilakukan dengan harapkan bisa mendapatkan orang-orang yang berkompeten mengelola PT Pembangunan Kota Batam.

Ketua Panita Seleksi (Pansel), Pebrialin mengatakan, tahapan seleksi saat ini masih berlangsung, ada beberapa tahapan seleksi yang harus diikuti para peserta yang sudah mendaftar. Mulai dari seleksi administrasi, psikotes, assesment dan juga wawancara. Menurut dia, ada tiga pendaftar yang memenuhi kualifikasi sesuai dengan persyaratan yang sudah ditetapkan oleh tim pansel sebelumnya.

“Ada tiga yang daftar, saat ini masih dalam proses seleksi administrasi sebelum nanti tes seleksi selanjutnya. Karena ada beberapa tahapan seleksi,” ujarnya, Minggu (14/4).

Ia beharap melalui tes seleksi terbuka ini nantinya bisa mendapatkan orang-orang yang berpengalaman di bidangnya. Sehingga PT Pembangunan Kota Batam ini bisa memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan masyakat, dan juga pendapatan bagi daerah. Karena itu dalam persyaratannya salah satu yang wajib dilampirkan adalah sudah memiliki pengalaman dalam bidang mengelola perusahaan.

“Intinya saat ini tahapan seleksi masih berjalan. Besok (hari ini) akan saya sampaikan lebih lanjut lagi,” katanya.

Adapun dalam pengumuman tertulisnya, pendaftaran terbuka untuk Warga Negara Indonesia (WNI) yang memenuhi persyaratan. Di antara persyaratan itu, yakni bebas narkoba/napza, dibuktikan dengan keterangan bebas narkoba/napza yang masih berlaku dari Badan Narkotika Nasional (BNN), berkelakuan baik, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku.

Kemudian bersedia menandatangani surat pernyataan tidak akan mengundurkan diri jika dinyatakan lulus seleksi, dan apabila mengundurkan diri bersedia menandatangani surat pernyataan pengunduran diri. Syarat lain, mempunyai pengalaman kerja minimal tiga tahun di perusahaan sesuai dengan bidangnya atau pernah berkedudukan sebagai pejabat pemerintah daerah yang diperioritaskan membidangi urusan BUMD. Hal ini dibuktikan dengan surat keterangan (referensi) dari perusahaan atau perangkat daerah yang sebelumnya, dengan penilaian baik.

“Sehat jasmani dan rohani. Dibuktikan dengan surat keterangan yang masih berlaku dari rumah sakit pemerintah daerah,” ujarnya.

Memiliki keahlian, integritas, kepemimpinan, pengalaman, jujur, perilaku yang baik dan dedikasi yang tinggi untuk memajukan dan mengembangkan perusahaan. Kemudian memahami penyelenggaraan pemerintahan daerah. Memahami manajemen perusahaan yang berkaitan dengan salah satu fungsi manajemen dan berijazah paling rendah S-1. Untuk usia minimal 35 tahun dan maksimal 55 tahun untuk jabatan direksi dan maksimal 60 tahun untuk jabatan komisaris pada saat mendaftar pertama kali.

“Untuk formasi pengisian jabatan komisaris utama khusus untuk ASN Pemerintah Kota Batam. Karena BUMD merupakan perusahaan milik Pemda,” kata Pebrialin.

Anggota Komisi II DPRD Kota Batam, Hendra Asman mengatakan, siapapun yang terpilih tentunya diharapkan bisa membawa BUMD menjadi lebih baik ke depannya. Perusahaan pelat merah, kata dia, juga harus bersinergi dengan perusahaan-perusahaan swasta dalam memberikan kontribusi untuk membantu perekonomian masyarakat Kota Batam.

Dicontohkannya saat harga bahan pokok melambung tinggi, BUMD kata dia harus berani mengambil langkah operasi pasar. Sehingga ada timbal balik atau manfaat bagi masyarakat. Selain itu, BUMD juga harus bisa bekerja sama dengan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Kota Batam. Karena BUMD sendiri dibentuk tidak untuk bersaing dengan swasta, tapi bagaimana bisa bekerja sama dengan pelaku bisnis yang ada.

“Saya tidak bisa berkomentar terkait kinerja BUMD selama ini. Tapi, prinsipnya saya ingin BUMD ke depan berperan lebih aktif di tengah kondisi ekonomi yang lesu ini,” kata Hendra. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com