SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pemko Batam Gelar Pasar Murah di 11 Titik

  • Reporter:
  • Kamis, 15 Juni 2017 | 13:19
  • Dibaca : 568 kali
Pemko Batam Gelar Pasar Murah di 11 Titik
Sejumlah warga mengantre untuk mendapatkan sembako murah. Foto Agung Dedi Lazuardi.

BATAM KOTA – Pemko Batam bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Batam kembali menggelar pasar murah untuk menekan kenaikan harga bahan pokok jelang Lebaran. Pasar murah kali ini akan dilaksanakan di 11 kecamatan, mulai 15-22 Juni mendatang.

Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Setdako Batam Ardiwinata mengatakan, langkah yang dilakukan pemerintah ini berkaca dari pelaksanaan pasar murah sebelumnya yang dinilai berhasi menekan harga bahan pokok jelang Ramadan. Sebelumnya, Pemko dan TPID Batam menggelar pasar murah di empat lokasi. “Pasar murah kali ini dilaksanakan di 11 titik di 11 Kecamatan,” ujarnya di Kantor Wali Kota Batam, Rabu (14/6).

Pelaksanaan pasar murah hari pertama (15/6) dilaksanakan di dua kecamatan yakni Seibeduk dan Sagulung. Untuk Seibeduk, pihaknya akan menggelar pasar murah ini mulai pukul 07.00 di lapangan Bola Usman Harun. Sementara Sagulung mulai pukul 12.00 di Kantor Camat Sagulung.

Sementara titik ketiga dan keempat digelar di Sekupang dan Batuaji yang akan digelar Sabtu (17/6). Untuk Sekupang digelar di GOR Tiban Indah mulai pukul 07.00 dan di Batuaji akan digelar di Fanindo mulai pukul 13.00.

“Kemudian di Batuampar dan Bengkong di hari berikutnya. Kalau Batuampar kita gelar di Palem Raya mulai pukul 07.00 dan Bengkong di Pasar Cahaya Garden pukul 13.00,” kata Ardi.

Titik lainnya akan digelar di Lubukbaja dan Batam Kota pada Senin (19/6). Di Lubukbaja akan digelar mulai pukul lapangan bola Tanjung Uma sementara di Batam Kota digelar di lapangan bola Baloi Permai mulai pukul 13.00. “Termasuk juga di hinterland akan digelar,” ujarnya.

Namun untuk hinterland hanya dua kecamatan saja yakni Galang yang digelar di depan Kantor Camat mulai pukul 09.00 di hari Rabu (21/6). Dan titik terakhir (22/6) digelar di Bulang tepatnya di Pulau Buluh mulai pukul 13.00.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan, pasar murah ini di luar paket bahan pokok dari Pemko Batam. Sepenuhnya pasar murah ini diprakarsai kerja sama Pemko dan TPID Batam yang menggelar pasar dengan harga distributor. “Ini di luar bahan pokok murah,” ujarnya.

Untuk bahan pokok dari Pemko Batam akan disebar terpisah. Saat ini, pihaknya sudah menyiapkan Rp1,7 miliar dan masih tahap pelelangan. Sementara itu, kegiatan pasar murah ini dimaksudkan untuk membantu masyarakat dalam menghadapi kenaikan harga di saat puasa dan menjelang lebaran. “Dipastikan produk-produk yang akan dijual harganya di bawah harga pasar karena bersifat non profit,” kata Rudi.

Sama seperti pasar murah sebelumnya, dalam hal ini yang bertindak sebagai penanggungjawab untuk produk yang akan dijual yakni BUMD yang akan menjual cabai, bawang merah, bawang putih dan kentang. Sementara Bulog akan menjual beras dan gula. Kadin menjual daging ayam, daging sapi, dan minyak goreng. Sementara Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian akan menjual sayur-sayuran. “Ada juga Dinas Perikanan yang jual lele, bengol, mata besar, dan kembung. Disperindag jual telur,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com