SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pemko Kawal Pembangunan Jalan Tol

  • Reporter:
  • Kamis, 16 Mei 2019 | 16:49
  • Dibaca : 94 kali
Pemko Kawal Pembangunan Jalan Tol
Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad. DOK KORAN SINDO BATAM.

BATAM KOTA – Pemko Batam akan terus mengawal rencana pembangunan jalan tol tertuang dalam Perpres Nomor 58 Tahun 2018 tentang Percepatan Proyek Strategis Nasional. Perpres 58/2018 yang merupakan perubahan Perpres 3 Tahun 2016 tersebut disebutkan bahwa proyek strategis nasional jalan tol Batuampar-Mukakuning-Bandara Internasional Hang Nadim sepanjang 25 kilometer sebagai bagian dari trans Sumatera.

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad mengatakan, jalan tol diharapkan nantinya dapat memperlancar arus barang industri. Karena itu pihaknya terus mengawal agar rencana pembangunan jalan bebas hambatan ini bisa segera terealisasi. Dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Nasional, jalan tol menjadi salah satu usulan prioritas Pemko Batam.

“Jalan tol sudah masuk dalam PSN. Karena itu salah satu usulan kita dalam musrenbang nasional yang kita kawal agar jalan ini bisa segera terealisasi,” ujarnya, Rabu (15/5).

Ia mengaku saat ini rencana pembangunan jalan tol masih dibahas bersama kementerian, sehingga belum bisa memastikan apakah tahapan pembangunan jalan tersebut dimulai tahun ini atau tahun depan. Hanya saja, Pemko Batam akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait dengan proyek tersebut.

Dalam musrenbang, dijelaskan Amsakar bahwa pemerintah pusat terus medorong untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Indonesia diprediksi pada tahun 2040 berpotensi masuk tiga besar kekuatan ekonomi intenasional. Itu sebabnya Presiden Jokowi, kata dia, meminta kepada daerah untuk juga terus meningkatkan pelayanan kepada pelaku usaha dan masyarakat.

“Alhamdullah kita sudah mulai dari MPP (mal pelayanan publik) walapun masih perlu terus untuk diperbaiki,” katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Batam Muhammad Rudi menyambut baik terkait rencanan pembangunan jalan tol di Batam. Ia berharap nantinya jalan tol yang dibangun dilakukan dengan membuka akses jalan baru. Akhir tahun lalu tim dari Kementerian PUPR dan Hutama Karya sudah berkunjung ke Batam untuk meninjau langsung jalan yang akan dibangun jalan tol.

Rudi menegaskan, dalam waktu dekat akan meminta kepastian di Kementerian PUPR. Menurut dia ada dua yang akan disampaikan ke pemerintah pusat. Selain tindak lanjut pembangunan jalan tol yang akan menghubungkan Hang Nadim-Batuampar-Mukakuning, juga akan meminta kepastian terkait flyover Simpang Kabil.

“Kami sudah beberapa kali membahas hal tersebut bersama dengan Kementerian PUPR. Hanya saja memang belum ada kepastian,” ujarnya. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com