SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pemko Tanjungpinang Pecat 10 PNS Korupsi

  • Reporter:
  • Selasa, 9 Oktober 2018 | 12:10
  • Dibaca : 312 kali
Pemko Tanjungpinang Pecat 10 PNS Korupsi
ilustrasi

PINANG – Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang memecat secara tidak hormat 10 Pegawai Negeri Sipil (PNS). Semua PNS tersebut tersandung kasus pidana korupsi yang telah memiliki putusan hukum tetap oleh pengadilan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemko Tanjungpinang, Riono mengatakan, pihaknya sebelumnya akan melaporkan data sejumlah nama PNS yang terlibat korupsi ke MenPAN-RB pada 2 Desember 2018 mendatang.

“Aturan seperti itu, kita laporkan dulu selanjutnya wali kota yang akan menandatangani itu,” katanya di Sengagrang, Tanjungpinang, Senin (8/10).

Namun ia, enggan menyebutkan nama-nama 10 PNS yang terkena kasus pidana tersebut. Ia mengatakan, ada etika untuk tidak menyebutkan nama-nama tersebut, kecuali sudah ada keputusan pemberhentiannya. Riono mengatakan, apabila PNS tersebut keberatan atas keputusan itu, diminta mengajukan banding ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) di Jakarta.

“Itu hak mereka, bila merasa keberatan atas putusan itu. Prosedurnya seperti itu, ajukan banding ke PTUN,” ujarnya.

Riono juga menjelaskan, bahwa setelah adanya keputusan itu, maka hak-hak ke 10 ASN ini seperi gaji, tunjangan dan lainnya tidak akan diberikan lagi. Pemerintah menyetop semua haknya karena sudah diatur.

“Secara otomatis gaji, tunjangan dan pensiunya tidak terima lagi,” jelasnya.

Jika instruksi itu tidak dilaksanakan oleh Pemko Tanjungpinang, kata Riono, maka konsekuensinya Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dalam hal ini Wali Kota Tanjungpinang dan Sekda terancam menerima sanksi admnistrasi.

Riono menyebutkan, pelaksanaan pemecatan itu atas surat edaran Menteri Dalam Negeri nomor 180/6867/SJ tentang pemecatan aparatur sipil negara (ASN) yang terbukti melakukan tindak pidana korupsi.

“Kami hanya mengikuti aturan dan petunjuk itu. Sebab, bila tidak dilaksanakan ada konsekuensi yang harus ditanggungung kepala daerah,” ujarnya.

sutana

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com