SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pemko Tanjungpinang Serahkan Insentif 162 Kader Posyandu

  • Reporter:
  • Jumat, 24 Mei 2019 | 14:10
  • Dibaca : 105 kali
Pemko Tanjungpinang Serahkan Insentif 162 Kader Posyandu
Wali Kota Tanjungpinang Syahrul menyerahkan insentif secara simbolis kepada kader posyandu di Aula Bulang Linggi Dinas Perpustakaan dan Arsip Tanjungpinang, Kamis (23/5). f humas pemko tanjungpinang

PINANG – Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang melalui Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes, Dalduk dan KB) menyerahkan insentif kepada 162 kader Posyandu se-Tanjungpinang di Aula Bulang Linggi Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang, Kamis (23/5).

Wali Kota Tanjungpinang Syahrul mengatakan, program di Posyandu adalah bentuk aksi yang dikelola seutuhnya oleh masyarakat untuk masyarakat. Prioritas pelayanan yang terdiri dari pelayanan kesehatan ibu dan anak, gizi keluarga, keluarga berencana, dan imunisasi, serta penanggulangan diare. Dengan program yang ada di Posyandu, semua kemungkinan dapat ditekan hingga hasil yang memuaskan. Tidak hanya program yang berjalan, para kader memiliki kontribusi besar terhadap keberhasilan menekan angka kematian ibu dan bayi. “Tanpa campur tangan kader dipastikan angka kematian ibu dan angka kematian bayi akan terus melonjak, kemauan serta upaya yang keras yang dijalankan kader inilah yang menjadi satu penghargaan yang patut diberikan kepada seluruh kader,” ujar Syahrul.

Secara kuantitatif, kata dia, perkembangan jumlah Posyandu di Tanjungpinang sangat membanggakan. Sebab, hampir di setiap RW terdapat satu Posyandu. Sampai saat ini telah ada 136 unit Posyandu balita dan 29 unit Posyandu lansia. Keberhasilan suatu Posyandu tidak hanya terletak pada kader, tetapi peran stakeholder dan kemitraan lintas sektor yang dinamis. “Total kader aktif berjumlah ratusan orang di Tanjungpinang, lebih kurang teridiri dari Posyandu balita sebanyak 680 orang dan 145 orang Posyandu lansia,” katanya.

Syahrul menambahkan, Pemko Tanjungpinang terus berupaya melakukan untuk mendapatkan dukungan dari berbagai pihak dan stakeholder. Dengan pemberian honorer insentif kader Posyandu ini diharapkan dapat meningkatkan semangat kader untuk bekerja tanpa pamrih dan sekuat tenaga demi mewujudkan kesehatan ibu dan anak. “Tentunya dapat menambah pengetahuan dan wawasan khususnya di bidang kesehatan,” ujarnya.

Syahrul tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Dinkes, Dalduk dan KB, Tim Penggerak PKK, camat, lurah, kader serta seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi secara sukarela dan penuh semangat menggerakkan dan memberdayakan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Ia berharap kepada seluruh elemen kesehatan, Tim Penggerak PKK serta instansi terkait agar dapat bekerja sama untuk menggerakkan dan memberdayakan masyarakat. “Harapannya, seluruh masyarakat yang ada di Tanjungpinang, sadar, mau dan mampu untuk hidup sehat, sehingga akhirnya dapat mewujudkan visi masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat,” katanya.

Kepala Dinkes Dalduk dan KB Tanjungpinang Rustam menambahkan, intesif yang diberikan kepada 136 unit Posyandu balita dengan besaran Rp1,5 juta per kader. Untuk kader Posyandu lansia menerima Rp500 per bulan yang dibayarkan sekali dua bulan. “Per bulan diberikan Rp500 ribu, tapi dibayarkan sekali tiga bulan,” ujar Rustam.

muhammad bunga ashab

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com