SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pemprov Dukung Pemberian Hak Paten TTG

  • Reporter:
  • Kamis, 11 Juli 2019 | 09:57
  • Dibaca : 104 kali
Pemprov Dukung Pemberian Hak Paten TTG
Asisten I Pemprov Kepri Raja Ariza dan Kepala DPMD Dukcapil Kepri Sardison saat melihat salah satu alat yang dihasilkan pemuda Kepri di acara TTG tingkat Provinsi, beberapa waktu lalu. /SUTANA

PINANG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMD Dukcapil) Kepri mendukung dan memperjuangkan hak paten atas alat-alat yang dihasilkan dari pengembangan Teknologi Tepat Guna (TTG) di daerah ini.

“Pemprov Kepri akan mendukung pengembangan TTG yang diciptakan anak muda Kepri, dengan memberikan Hak Paten terhadap alat-alat yang diciptakan ini,” kata Kepala DPMD Dukcapil Kepri Sardison di Tanjungpinang, Rabu (10/7).

Sebagai komitmen ini, lanjutnya, pemerintah Provinsi Kepri akan mendukung pengembangan TTG ini dengan membantu pengurusan hak paten terhadap alat yang diciptakan.
Menurut Sardison, setiap tahunnya pemerintah Kepri akan mematenkan sekitar dua temuan yang menjadi inovasi terbaik pada lomba TTG ini.

“Dengan hak paten ini, penemuan inovasi terbaru akan lebih meningkat dan dapat terus menggali potensinya, sehingga akan lebih bermanfaat bagi masyarakat Kepri,” harapnya.

Ditambahkannya, pemerintah juga tidak hanya akan mengurus hak paten tetapi akan bakerja sama dengan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Provinsi Kepri, untuk membantu pemasaran dan memperbanyak produk yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Untuk temuan yang dipatenkan di tahun 2018 lalu ada beberapa temuan yang berguna bagi masyarakat seperti alat pengupas kulit kacang dari Kabupaten Lingga,” tegasnya.

Sementara itu pada pembukaan TTG tingkat Provinsi Kepri yang dibuka oleh Asisten I Pemprov Kepri Raja Ariza mengatakan lomba TTG ini jangan hanya lomba secara seremoni dan hanya sebatas mendapatkan penghargaan dan hadiah. Hendaknya teknologi yang diciptakan dalam lomba inovasi TTG ini, dapat bermanfaat bagi masyarakat secara luas.

“Saya juga mengharapkan, temuan tersebut harus disosialisasikan dan harus bisa dijual kepada masyaraakat. Sehingga penemu TTG ini juga dapat menghasilakn nilai tambah dari asepak ekonominya,” harapnya.

Ia juga menyarankan agar dinas ini dapat menggandeng pihak perusahan atau intansi lainya untuk mempromosikan hasil TTG ini. “Kita juga mendukung upaya melindungi hak paten yang dihasilkan peserta atau pencipta inovasi TTG ini,” ujarnya.

sutana

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com