SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pemprov Kepri Kembangkan Kuliner Makanan Laut

Pemprov Kepri Kembangkan Kuliner Makanan Laut
Warga berburu takjil di Pasar Ramadan Tanjunguma. Foto Teguh Prihatna.

BATAM KOTA – Wilayah Kepri, termasuk Kota Batam yang dikelilingi laut memiliki potensi yang besar untuk pengembangan wisata kuliner, khususnya makanan laut (seafood). Meski demikian, potensi tersebut masih belum dimaksimalkan dalam mendongkrak kunjungan wisata.

“Sayang sekali jika produksi ikan Kepri yang mencapai 400 ton per tahun tidak dimanfaatkan untuk dukung pariwisata,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar di Batam Centre, kemarin.

Menurut dia, data sebesar 400 ton itu dari Dinas Perikanan yang merupakan hasil budidaya dan tangkap. “Dan saya pikir potensinya lebih besar dari itu,” ujarnya.

Selain potensi hasil laut yang besar, jenis olahan atau masakan berbahan dasar hewan laut juga beragam. Seperti luti gendang, roti goreng dengan isi abon ikan khas Anambas. Kemudian kernas, kudapan asal Kabupaten Natuna yang terbuat dari campuran ikan dan sagu.

Selain camilan, menu masakan hewan laut khas Kepri juga banyak macamnya. Sebut saja asam pedas ikan, sotong masak hitam, sop ikan, berbagai olahan kerang, dan sebagainya. “Mie Tarempa itu kuahnya ikan juga kan,” katanya.

Kuliner seafood ini, sambungnya, akan menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan. Untuk itu, pihaknya berencana akan menggelar festival kuliner. Namun belum diagendakan waktu penyelenggaraan acara tersebut. “Bisa kami gelar tiap tahun dengan menggandeng tema-teman (dinas) perikanan,” kata Buralimar.

Selengkapnya baca KORAN SINDO BATAM

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com