SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pemudik dari Dumai dan Buton Paling Banyak

  • Reporter:
  • Selasa, 11 Juni 2019 | 15:44
  • Dibaca : 85 kali
Pemudik dari Dumai dan Buton Paling Banyak
Penumpang menunggu bus pengantar ke gerbang Pelabuhan Batuampar dengan genangan banjir di depan terminal. /teguh prihatna

SEKUPANG – Arus balik mudik Lebaran lewat pelabuhan masih berlanjut hingga kemarin meski arus puncak terjadi sehari sebelumnya.

Hingga hari ini, H+5 hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah jumlah penumpang datang ke Batam di Pelabuhan Domestik Sekupang masih tinggi.

Dari pantauan di Pelabuhan Domestik Sekupang, Senin (10/6) sore, baik penumpang yang datang ke Batam, maupun yang hendak pergi ke luar Batam masih ramai. Namun jumlah penumpang hari ini masih di dominasi oleh jumlah kedatangan. Hal itu terlihat dari tempat berlabuh kapal-kapal tersebut.

Dari pantauan, kapal-kapal yang datang tidak hanya berhenti di tempat kedatangan, namun juga di tempat keberangkatan. Hal itu disebabkan karena ramainya penumpang yang datang, sehingga harus memakai dermaga keberangkatan untuk antisipasi agar penumpang tidak berdesakan.

Jumlah kedatangan penumpang pasca lebaran ini terus meningkat. Dari data yang diterima, peningkatan jumlah penumpang sudah terasa sejak H+2 lebaran sebanyak 3895 orang, H+3 4943 orang dan H+4 7808 orang.

Sedangkan yang berangkat H+2 sebanyak 3292 orang, H+3 sebanyak 3337 orang dan H+4 sebanyak 3892 orang.

Kasatker Pelabuhan Domestik Sekupang, Suherman mengatakan keberangkatan sudah mulai turun. “Paling itu hanya ke pulau-pulau terdekat,” kata dia.

Sedangkan untuk kedatangan, seluruh tujuan hari ini penuh semuanya. Mulai dari Dumai, Buton, Selat Panjang dan Bengkalis

“Paling banyak dari Dumai sama Buton. Buton jam 6 terakhir hari ini,” kata Suherman.

Bahkan untuk antisipasi kelonjakan kedatangan penumpang, seluruh armada yang ada di Pelabuhan Domestik Sekupang semuanya diberangkatkan untuk menjemput penumpang yang hendak ke Batam. “Semuanya dikerahkan, dari Batam Jet ada dua, Dumai Line empat sampai lima kapal yang ke sana,” ucap Suherman.

Sementara itu, Pelabuhan Batuampar juga tampak padat dengan pemudik kemarin siang. Ruas jalan sebelum akses masuk Pelabuhan Batuampar juga padat oleh kendaraan dan penjagaan polisi.

Diberitakan, arus mudik Lebaran melalui jalur laut memasuki puncaknya Minggu (9/6). Manajemen Pelabuhan Domestik Sekupang mencatat sebanyak 4.709 pemudik kembali ke Batam dari sejumlah daerah. agung dedi lazuardi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com