SINDOBatam

Feature+

Hattrick+

Jungkir Balik+

PENANGANAN COVID-19: Gugus Tugas Batam Sisir Warga Sampai ke Hinterland

  • Reporter:
  • Senin, 23 Maret 2020 | 15:06
  • Dibaca : 119 kali
PENANGANAN COVID-19: Gugus Tugas Batam Sisir Warga Sampai ke Hinterland

BATAM – Tim Gugus Tugas Penanganan corona virus disease (Covid-19) terus melakukan penyisiran masyarakat guna meminimalisir penyebaran Covid-19. Tak hanya dilakukan di mainland atau pulau utama tapi juga sampai ke hinterland di pulau-pulau yang berada di Kecamatan Belakangpadang.

Camat Belakangpadang, Yudi Atmaji mengatakan pihaknya bersama Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) sudah melakukan penyisiran ke setiap kelurahan.

“Kami bagi dua tim, dan sejak hari Jumat lalu kami sudah melakukan penyisiran di lapangan,” kata Yudi, Senin (23/3).

Menurut dia pemeriksaan suhu tubuh tidak dilakukan kepada semua warga melainkan hanya yang baru pulang dari luar negeri ataupun dalam negeri yang terjangkit. Seperti Jakarta, Bogor dan daerah-daerah lainnya. Pihaknya juga sudah mengimbau kepada perangkat RT/RW untuk segera melaporkan jika ada warganya yang baru pulang dari luar negeri.

“Tim juga melakukan pengecekan warga Belakangpadang yang menikah dengan orang asing dari Malaysia atau Singapura. Atau juga bila ada informasi yang sakit batuk, pilek dan demam,” katanya.

Kemudian pihaknya juga melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat melalui pengeras suara dengan menggunakan sepeda motor becak dan juga lai bersama TNI, Polri. Dalam imbauanya masyarakat diminta aktif dan segera meaporkan kepada petugas jika ada yang sedang sakit.

Dengan demikian pihaknya berharap penyebaran Covid-19 bisa bisa dicegah. Pihaknya juga menyampaikan kepada masyarakat supaya tidak panik, namun harus tetap waspada dan menerapkan pola hidup yang sehat seperti cuci tangan dan lain sebagainya.

“Hari ini sudah ada beberapa kelurahan yang tim datangi, seperti di Pulau Sarang Kelurahan Sekanak Raya, Pulau Kasu dan kelurahan-kelurahan lainnya,” katanya.

Jika nantinya ditemukan masyarakat yang mengalami gejala Covid-19 akan dilakukan pemantauan oleh tim Puskesmas dan kalau gejala semakin berat baru akan diakukan rujukan ke RSBP Batam. Tim di lapangan menurut dia juga sudah melibatkan langsung tenaga kesehatan.

Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan pihaknya melakukan penyisiran terhadap warga yang masuk dalam kriteria Orang dalam Pemantauan (ODP), Pasien dalam Pengawasan (PDP), suspect, dan terkonfirmasi. Empat kriteria inilah yang jadi sasaran tim yang dibentuk di tingkat kecamatan tadi.

Dari tim kecamatan inilah akan diinformasikan mana warga yang harus disasar. Karena itu tim kecamatan diminta untuk segera lakukan pertemuan internal, dan besok sudah mulai jalan menyisir warganya.

“Kami harapkan seminggu ke depan seluruh masyarakat Kota Batam sudah tersisir. Karena kami ingin segera juga menginformasikan pada publik seperti apa sebenarnya tingkat kegawatdaruratan Kota Batam,” kata Amsakar.

ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com