SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pencarian Yuli di Hutan Lingga Dihentikan

  • Reporter:
  • Senin, 24 Desember 2018 | 10:09
  • Dibaca : 226 kali
Pencarian Yuli di Hutan Lingga Dihentikan
Yuli (38), warga Desa Pengambil Kabupaten Lingga yang sepekan hilang setelah masuk ke dalam hutan akhirnya dihentikan pada Sabtu (22/12).

LINGGA – Pencarian Yuli (38), warga Desa Pengambil Kabupaten Lingga yang sepekan hilang setelah masuk ke dalam hutan akhirnya dihentikan pada Sabtu (22/12). Pencarian ini dihentikan karena sudah memasuki hari ketujuh, namun tanda-tanda keberadaan korban juga tidak ditemukan.

“Hari ini resmi pencarian dihentikan, hal ini juga disetujui dan diiklaskan piham keluarga korban,” kata Kepala Siop dan Siaga BNPP kelas A Tanjungpinang Eko Supriyanto, kemarin.

Eko mengaku pencarian sudah dilakukan secara maksimal sejak dihari pertama hingga hari ketujuh, bahkan luas pencarian juga sudah diperluas hingga menyusuri hulu sungai di hutan Lingga. Begitu juga tanda-tanda lainnya yang berhubungan dengan korban juga tidak ditemukan.

“Tim yang melakukan pencarian yang terdiri Tim Pos SAR Lingga, TNI Polri serta masyarakat sampai mendirikan tenda posko didalam hutan untuk memaksimalkan pencarian, namun hasilnya tetap nihil,” jelasnya.

Sebelumnya, Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang melalui Pos SAR Unit Siaga Lingga terjun ke hutan mencari Yuli (38) yang dilaporkan hilang di hutan Desa Pengambil, Kabupaten Lingga, Minggu (16/12). Yuli tak kunjung pulang setelah masuk ke dalam hutan membuat keluarga mencemaskan kedaannya.

“Memang benar kita menerima info dari Pak Malisi (Kepala Desa Pengambil) kondisi membahayakan orang hilang di hutan sampai saat ini belum kembali,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang Budi Cahyadi.

Ia menjelaskan bahwa Yuli masuk ke dalam hutan sejak Minggu siang, namun sampai malam harinya korban tak kunjung balik ke rumah. Setelah itu, kepala desa setempat langsung melapor kepada petugas. Dia menyampaikan jarak lokasi dari Pos SAR Unit Siaga Lingga berjarak 7,92 nautical mill dengan taktu tempuh 1 jam 4 menit.

“Tim Rescue Pos SAR Unit Lingga bergerak ke ke lokasi dengan menggunakan motor, bersama keluarga dan kepolisian. Sejak malam Tim Rescue telah menyisiri hutan,” katanya.

Untuk lokasi pencarian dilakukan dengan metode pola tipe tiga penyisiran lokasi dengan titik koordinat 0 23′ 23.17? S – 104 25′ 59.66? T, 0 23′ 11.71? S – 104 25′ 49.39? T, 0 23′ 11.71? S. – 104 26′ 5.54? T dan 0 23′ 25.11? S. – 104 26′ 15.68 T. Pencarian itu dilaksanakan di dalam hutan Desa Pengambil.

“Untuk lokasi pencarian dibagi empat titik koordinat. Petugas menyisir hutan dengan berjalan kaki dan menggunakan peralatan seadanya,” katanya.

Tim Rescue, kata dia, terus berupaya menemukan korban. Adapun unsur-unsur SAR yang diterjunkan Tim Rescue Pos SAR Unit Siaga Lingga dengan peralatannya, keluarga korban, kepolisian dan masyarakat, TNI AL dan Bhabinsa setempat. Ia mengimbau kepada masyarakat apabila melihat atau menemukan korban agar segera melapor kepada pihat terkait.

“Sejauh ini hasil pencariannya masih nihil. Untuk informasi lebih lanjut akan disampaikan kembali. Mudah-mudah korban sesegara mungkin ditemukan,” ujarnya.

Ia menyampaikan belum diketahui tujuan korban masuk ke dalam hutan. Namun berdasarkan informasi yang diperoleh tim dari pihak keluarga, Yuli selama ini kondisinya tidak stabil, sesekali mengalami gangguan kejiwaan. Karena itu, kata dia, pihak keluarga pun tidak mengetahui kenapa Yuli pergi ke dalam hutan.

Dengan kondisi itu, korban sulit dikontrol oleh pihak keluarga. Namun Yuli baru kali ini masuk ke dalam hutan, dan belum kembali. “Meski demikian namanya keluarga pasti khawatir, takut terjadi apa-apa terhadap Yuli. Mudah-mudahan segera ditemukan,” ucapnya.

Budi mengatakan pencarian terhadap Yuli hingga jauh di dalam hutan. Tim berpencar mencari korban agar segera ditemukan. “Dibantu warga, semoga Yuli segera ditemukan dalam kondisi baik,” katanya. jamariken tambunan/m bunga ashab

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com