SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pendaftaran Cagub-Cawagub April 2020

  • Reporter:
  • Rabu, 12 Juni 2019 | 11:43
  • Dibaca : 202 kali
Pendaftaran Cagub-Cawagub April 2020
ilustrasi

PINANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tahapan Pilkada serentak yang akan digelar pada 2020. Sedangkan proses tahapnnya dimulai pada September 2019 mendatang.

Komisioner KPU Provinsi Kepri Arison mengatakan, untuk tahapan pelaksanaan Pilkada 2020 akan diawali dengan tahapan persiapan dan penyusunan anggaran. Untuk pembahasan anggaran KPU Kepri sudah dilakukan bersama Pemprov Kepri.

“Tahapan Pilkada ini sudah akan dimulai pada September tahun ini, sehingga tinggal hitungan bulan kedepan saja,” ujarnya di Tanjungpinang, Selasa (11/6).

Setelah tahapan persiapan, lanjutnya, pihaknya akan mulai melakukan tahapan pemutakhiran data pemilih untuk pilkada 2020. Untuk tahapan ini sendiri tambah Arison ditargetkan jika tidak ada hambatan akan terealisasi pada Februari 2020.

Setelah tahapan ini selesai, maka nantinya diteruskan pada Maret 2020 sudah akan memulai tahapan untuk pengajuan syarat bagi bakal calon (Bacalon) independen atau perseorangan yang akan maju pada pilkada tersebut.

“Kemudian, pada April 2020 pihak KPU sudah akan memulai menerima pendaftaran untuk bacalon baik dari perseorangan maupun bacalon yang diusung oleh partai politik (Parpol). Nantinya, akhir April sudah akan kita lakukan penetapan bacalon menjadi calon,” jelasnya.

Setelah tahapan tersebut selesai, selanjutnya selama empat bulan yakni Mei hingga Agustus sudah akan dilanjutkan dengan tahapan masa kampanye. “Untuk Pilkada sendiri akan dilaksanakan pada September 2020. Jadi proses dari mulai awal hingga pemungutan suara dilakukan selama satu tahun September 2019 hingga September 2020,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, pada Pilkada serntak 2020 nanti untuk di Provinsi Kepri selain Pemilihan Gubernur (Pilgub) terdapat juga enam Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan Pilkada. Keenam Kabupaten/Kota itu yakni Kota Batam, Kabupaten Bintan, Kabupaten Lingga, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, dan Kabupaten Kepulauan Anambas.

sutana

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com