SINDOBatam

Terbaru Metro+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pendaftaran PPK di Batam Sepi Peminat

  • Reporter:
  • Rabu, 22 Januari 2020 | 16:06
  • Dibaca : 75 kali
Pendaftaran PPK di Batam Sepi Peminat
ilustrasi

SEKUPANG – Pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam sepi peminat. Pendaftaran yang dimulai pada 18 Januari sampai 24 Januari baru merekrut sekitar 45 orang. KPU Batam membutuhkan 60 petugas PPK yang akan bertugas di 12 kecamatan saat pemilihan kepala daerah (Pilkada) mendatang.

“Sampai Selasa pukul 13.00, baru 45 orang yang mendaftar. Sedangkan target kami harus 60 orang. Satu kecamatan akan ditugaskan lima orang petugas PPK,” kata Komisioner KPU Batam, William Seipattiratu di DPRD Batam, Selasa (21/1).

Pihaknya menargetkan perekrutan petugas PPK sebanyak 120 orang. Hal itu untuk menyiapkan pengganti petugas yang bermasalah atau berhalangan dalam menjalankan tugasnya.

“Idealnya itu 120 orang. Karena untuk cadangan kalau nanti ada petugasnya itu meninggal dunia atau yang lainnya,” katanya.

KPU Batam, katanya, berencana akan melakukan perpanjangan pendaftaran PPK jika nanti sampai waktu yang ditentukan belum juga memenuhi target. Pihaknya terus melakukan sosialisasi dan mengajak masyarakat agar turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

“Kami mengimbau dan mengajak untuk mendaftarkan diri langsung ke kantor KPU Batam,” ujarnya.

William mengatakan, nantinya ada 60 PPK yang direkrut masing-masing kecamatan ada lima anggota PPK dengan usia minimal 17 tahun dan maksimal 60 tahun. “Serta sehat jasmani dan rohani,” katanya.

Selain itu, pelamar harus melampirkan surat keterangan kesehatan. Karena belajar dari pileg tahun lalu, banyak petugas yang sakit karena kelelahan.

Kemudian, pelamar juga harus bisa menguasai aplikasi microsoft excel. Hal ini sangat penting saat input hasil penghitungan suara nantinya.

“Kira-kira itulah poin yang harus kami evaluasi tahun ini. Bertahap kami akan coba membangun komunikasi yang baik dengan PPK dan PPS ini nantinya. Tujuannya aga Pilkada lebih baik,” katanya.

Bagi anggota PPK yang terpilih, akan diberikan bimbingan teknis (Bimtek) terkait penyelenggaraan Pemilu agar kinerjanya lebih maksimal. “Harus lebih fokus tahun ini. Jadi bimteknya benar-benar serius,” katanya. iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com