SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Penderita DBD Menurun, Masyarakat Diminta Tetap Waspada

Penderita DBD Menurun, Masyarakat Diminta Tetap Waspada
ilustrasi

KARIMUN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Karimun mencatat penurunan kasus demam berdarah dengue (DBD) secara signifikan dalam dua tahun terakhir. Pada 2016, kasus DBD mencapai 424 kasus. Sementara pada 2018 hingga April ini jumlahnya hanya 20 kasus.

“Alhamdulillah, sampai saat ini terus menurun angkanya dibandingkan dua tahun lalu yang sangat tinggi, mencapai 400 penderita DBD,” ujar Kepala Dinkes Karimun Rachmadi, kemarin.

Dia menyebutkan, berdasarkan data Dinkes, tahun 2016 merupakan jumlah tertinggi kasus DBD yang terjadi di Karimun dengan angka mencapai 424 kasus. Jumlah tersebut terus mengalami penurunan selama tiga tahun terakhir hingga ke angka 20 kasus DBD per April 2018.

“Terus menurun sampai saat ini, ada 20 kasus. Kami berharap tidak ada peningkatan signifikan menjelang akhir tahun ini,” ujarnya.

Menurut Rachmadi, kasus DBD di Karimun selalu ditemukan setiap bulannya, meski terkadang jumlahnya naik atau turun. Dengan begitu, Rachmadi meminta kepada masyarakat untuk selalu waspada dan tetap berhati-hati walaupun angka DBD setiap tahun mengalami penurunan.

“Dalam artian, apabila ditemukan tanda-tanda demam berdarah, jangan menganggap sekarang lagi tak musim demam berdarah. Karena kami sering temukan kejadian kasus meninggal dunia pada saat orang menganggap tidak ada peningkatan kasus, sehingga harus tetap waspada,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com