SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Penetapan Balon Kades Gunung Kijang Diundur

  • Reporter:
  • Kamis, 8 November 2018 | 13:38
  • Dibaca : 58 kali
Penetapan Balon Kades Gunung Kijang Diundur
ilustrasi

BINTAN – Penetapan para Bakal Calon (Balon) Kepala Desa Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan diundur. Awalnya penetapan akan dilakukan pada Rabu (7/11) namun kemudian diundur.

Penetapan lima Balon kepala desa itu rencananya akan dilakukan esok hari, Kamis (8/11). Informasi yang dihimpun, pengunduran penetapan ini dilakukan menyusul adanya protes dari warga desa yang merupakan pendukung dari salah satu bakal calon yang tidak lolos.

Namun, menurut Ketua Panitia Seleksi Pilkades Gunung Kijang Mahinu Siregar pengunduran itu dilakukan karena pihaknya masih harus mendengarkan aspirasi dari beberapa warga desa yang merupakan pendukung salah satu bakal calon kepala desa.

“Diundur satu hari karena menampung aspirasi dari beberapa warga,” ujarnya.

Kepala Bagian Pemerintahan Bintan Herika Silvia yang dikonfirmasi terkait hal ini membenarkan adanya penundaan penetapan Balon kepala desa di Gunung Kijang. Menurutnya, seleksi administrasi sudah dilaksanakan di tingkat desa sesuai Peraturan Bupati nomor 42 tahun 2018 pasal 14 poin P.

Peserta Balon kepala desa di Gunung Kijang antusiasnya sangat tinggi karena diikuti oleh 10 peserta. Sedangkan sesuai aturan maksimal hanya diikuti lima orang peserta.

“Sehingga dilakukan seleksi tambahan berupa tes tertulis, wawancara dan pengalaman bekerja di bidang pemerintahan oleh tim seleksi tambahan di tingkat kabupaten,” terangnya.

Akibatnya, beberapa nama gugur dan berimbas pada protes warga pendukung. Bahkan, para warga pendukung salah satu Balon kepala desa yang berada di peringkat ke tujuh, menyampaikan pernyataan sikap, kepada pihak panitia untuk meminta panitia mengundurkan penetapan karena diduga panitia pelaksana tidak netral.

“Diharapkan, Pemkab Bintan mengevaluasi panitia pelaksana atau membentuk kembali panitia dalam waktu 7×24 jam atau satu minggu,” tulis warga dalam pernyataan sikapnya, yang ditandatangani oleh beberapa perwakilan warga. Penyampaian pernyataan sikap itu dilakukan di Kantor Desa Gunung Kijang.

novel m sinaga

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com