SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pengelolaan FIR di Natuna Bukan Soal Kedaulatan Negara

  • Reporter:
  • Rabu, 21 Februari 2018 | 12:45
  • Dibaca : 324 kali
Pengelolaan FIR di Natuna Bukan Soal Kedaulatan Negara
Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan meresmikan peningkatkan status Konsulat di Batam menjadi Konsulat Jenderal, didampingi Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad dan Konsul Jenderal Singapura di Batam Gavin Chay di Batam Centre.

BATAM – Konsulat Jenderal (Konjul) Singapura di Batam Gavin Chay menegaskan, pernyataan Komandan Pangkalan Udara Raden Sadjad Kolonel Azhar Aditama tentang pengelolaan Singapura atas Singapore Information Region tidak benar. Apalagi jika disebut bahwa Indonesia belum berdaulat di Natuna terkait dengan wilayah lalu lintas udara.

“Saya ingin mengklarifikasinya dengan fakta yang ada. Pengelolaan Singapura atas FIR dialokasikan oleh International Aviation Organization (ICAO) atau Organisasi Penerbangan Sipil Internasional, berdasar pertimbangan operasional dan teknis untuk menyediakan layanan lalu lintas udara yang aman dan efisien untuk lalu lintas udara sipil,” katanya dalam keterangan tertulis kepada SINDO BATAM, Selasa (20/2/2018).

Gavin Chay mengatakan, Otoritas penerbangan sipil Singapura dan Indonesia bekerjasama cukup erat. Kedua negara bertemu secara reguler untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan penerbangan sipil. Setiap perubahan dalam pengaturan wilayah udara harus dilakukan sesuai dengan prosedur dan persyaratan ICAO.

Menurut dia, pengelolaan lalu lintas udara yang aman bukanlah mengenai kedaulatan. Hal itu bisa terjadi, dimana otoritas pengelolaan lalu lintas udara satu negara menyediakan layanan pengelolaan lalu lintas udara teritorial nelaga lain. “Indonesia, misalnya, juga menyedialan layanan lalu lintas udara di wilayah negara lain,” katanya.

Kemudian, lanjut Gavin Chay, mengenai biaya Route Air Navigation Services (RANS) yang dikumpulkan oleh Singapura, semuanya atas nama Indonesia. Seluruh uang yang terkumpul dikirimkan ke Direktorak Jenderal Perhubungan Udara (DGCA) Indonesia, dikurangi dengan biaya standar transfer bank.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com