SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pengelolaan Sampah Terkendala Lahan dan Regulasi

  • Reporter:
  • Rabu, 13 Desember 2017 | 14:13
  • Dibaca : 220 kali
Pengelolaan Sampah Terkendala Lahan dan Regulasi
TPA Punggur. Foto Teguh Prihatna.

BATAM KOTA – Sekretaris Daerah (Sekda) Batam Jefridin mengatakan, masalah pengelolaan sampah merupakan kewajiban yang dilaksanakan pemerintah daerah dalam hal ini Pemko Batam. Saat ini Pemko tengah konsentrasi agar Batam bersih dari sampah, karena keberadaannya merupakan pintu gerbang Indonesia bagian barat.

Namun pengelolaan sampah selama ini terkendala dua hal, yakni masalah lahan dan regulasi. Menurut dia, sebelumnya Pemko dan BP Batam sudah menjalin kerja sama antara pemimpin terdahulu antara mantan Wali Kota Batam Ahmad Dahlan dan mantan Kepala BP Batam Mustofa Wijaya terkait pengelolaan Tempat Pembuangan Sampah (TPA) Telagapunggur selama 50 tahun di lahan seluas 46,8 hektare.

Jefridin menambahkan, saat ini Pemko sedang berupaya menyelesaikan proses peralihan aset enam dari BP Batam ke Pemko Batam, salah satunya TPA Telagapunggur. Namun luasan lahan yang diberikan berkurang, dari luas sebelumnya 46,8 hektare dan tinggal seluas 24,3 hektare. Sehingga hal ini yang menjadi kendala sebab dengan luasan tersebut hanya bisa mengatasi permasalahan sampah hanya beberapa tahun ke depan.

“Di era pimpinan Kepala BP saat ini, Pak Lukita komit akan menghibahkan TPA Punggur dan aset lainnya ke Pemko. Sehingga hal ini tak menjadi masalah ke depannya,” kata Jefridin dalam Forum Debottlenecking Investasi Infrastruktur Pengelolaan Sampah Kota Batam di Hotel Harmoni One, Batam Centre, kemarin.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com