SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pengusaha Perlu Pahami Sistem Perizinan Terintegrasi

  • Reporter:
  • Sabtu, 28 April 2018 | 13:36
  • Dibaca : 99 kali
Pengusaha Perlu Pahami Sistem Perizinan Terintegrasi
Mal Pelayanan Publik sudah siap dilakukan uji coba. /AGUNG DEDI LAZUARDI

BATAM – Implementasi Online Single Submission bagi perusahaan industri maupun kawasan industri diharapkan bisa mempermudah perizinan bagi kalangan pelaku usaha. Namun sebelum diiimplementasikan, pengusaha perlu memahami kebijakan ini.

Hal ini akan dibahas dalam Business Forum bertema Menuju Kemudahan Perizinan di Kawasan Industri Melalui Rencana Penerapan Online Single Submission yang digelar Himpunan Kawasan Industri (HKI) bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dan Badan Pengusahaan (BP) Batam akan menggelar di Nagoya Hill Hotel, Rabu (2/5/2018) mendatang.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman maupun implementasi kebijakan di lapangan serta teknis pelaksanaan Online Single Submission bagi perusahaan industri maupun Kawasan Industri.

Ketua Umum HKI, Sanny Iskandar mengatakan, pemerintah telah meluncurkan paket kebijakan ekonomi ke-16 berupa upaya percepatan penerbitan perizinan berusaha dari tingkat pusat hingga daerah, kegiatan tersebut ditandai dengan terbitnya Peraturan Presiden (PP) Nomor 91 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha.

Kebijakan ini, kata dia, bertujuan menyelesaikan hambatan dalam proses pelaksanaan serta memanfaatkan teknologi informasi melalui penerapan sistem perizinan yang terintegrasi atau Online Single Submission.

Beberapa tahapan dalam pelaksanaan dari regulasi itu adalah tahap pertama yaitu membentuk satuan tugas (satgas) untuk pengawalan dan penyelesaian hambatan perizinan dalam pelaksanaan berusaha, penerapan perizinan checklist pada KEK, FTZ, kawasan industri dan kawasan pariwisata dan penerapan penggunaan data sharing.

“Tahap kedua, reformasi peraturan perizinan berusaha, penerapan sistem perizinan berusaha terintegrasi atau Online Single Submission,” kata Sanny di Batam Centre, Jumat (27/4/2018).

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com