SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Penista Agama Divonis 6 Bulan Penjara

  • Reporter:
  • Rabu, 10 Oktober 2018 | 14:41
  • Dibaca : 105 kali
Penista Agama Divonis 6 Bulan Penjara
ilustrasi

BATAM KOTA – Roria Agustina Siregar, terdakwa yang terjerat Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dijatuhi hukuman 6 bulan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Batam, Selasa (9/10). Roria dinyatakan terbukti bersalah setelah mengumpat dan menistakan agama lewat facebook atas suara azan yang didengarnya.

“Menjatuhkan hukuman kepada terdakwa dengan hukuman pidana penjara selama 6 bulan, dikurangi masa penahanan yang telah dijalani,” kata Hakim Jasael.

Putusan yang dijatuhkan kepada Roria sama dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Samuel Pangaribuan. Selain dijatuhi hukuman pidana penjara selama 6 bulan, ia juga dijatuhi denda sebesar Rp10 juta subsider 2 bulan kurungan badan.

Roria dijatuhi hukuman tersebut setelah dirinya membuat postingan yang berbau SARA di akun facebook miliknya pada 13 Mei lalu. Kala itu, terdakwa merasa kesal atas aksi pengeboman yang dilakukan di beberapa gereja di Surabaya. Saat tiba di kos-kosannya yang berada di Perumahan Citra Pandawa Asri Blok A6 Nomor 10 Batuaji, terdakwa membuat postingan di akun facebook yang berbau SARA.

Postingan tersebut menjadi viral dan menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu kelompok agama Islam. Hingga akhirnya, postingan itu diketahui oleh anggota Front Pembela Islam (FPI) yang akhirnya melaporkan hal tersebut ke pihak kepolisian. Beberapa orang saksi yang merupakan pelapor serta anggota FPI dihadirkan menjadi saksi di persidangan. Begitu juga teman terdakwa yang sempat dimintai keterangan di persidangan. Seluruh kedatangan para saksi membenarkan perbuatan terdakwa.

Keterangan tersebut akhirnya menguatkan dakwaan JPU Samuel yang mendakwa terdakwa dengan pasal 45A Ayat (2) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Jo Pasal 28 Ayat (2) UU RI No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. aini lestari

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com