SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pentingnya Mengetahui Pajak di Generasi Sekarang Ini

  • Reporter:
  • Rabu, 8 Mei 2019 | 21:52
  • Dibaca : 416 kali
Pentingnya Mengetahui Pajak di Generasi Sekarang Ini

*Tulisan ini merupakan tugas siswa SMK Harmoni Batam

APA itu pajak? Kami rasa kata pajak sudah tidak asing lagi di telinga kita. Siapa yang tidak tahu apa itu pajak? Bahkan hampir semua orang di sekitar anda tahu apa itu pajak. Hanya saja, mungkin masih banyak di antara kita yang tidak tahu apa sebenarnya itu pajak. Jadi dari artikel ini, kami akan memberitahu lebih lanjut apa itu pajak.

Pajak adalah pungutan wajib yang dibayar rakyat untuk negara dan akan digunakan untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat umum. Setiap pungutan pajak yang dipungut itu wajib berasal dari seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) dan sedangkan untuk Warga Negara Asing (WNA) perhitungannya adalah beda.

Pajak digunakan untuk menetapkan budgetair yaitu memasukkan uang sebanyak-banyak ke dalam kas negara yang pada waktunya akan digunakan oleh pemerintah untuk membiayai pengeluaran negara baik untuk pengeluaran rutin dalam melaksanakan mekanisme pemerintahan maupun pengeluaran untuk pembangunan. Tujuan lainnya adalah untuk mengatur dan mendorong pengusaha untuk memperbesar produksinya serta dapat juga memberikan keringanan kepada para penabung dengan maksud menarik uang dari masyarakat dan menyalurkan ke sector produktif.

Berdasarkan hasil observasi kami di SMK Harmoni Batam dari siswa/i perbankan 11 bahwa terdapat 7 dari 12 siswa/i yang menyetujui adanya keberadaan pajak, dimana dari hasil kuesioner dan interview tersebut mereka menyetujui jika adanya pemeriksaan pajak, mereka tidak takut dan sangat setuju apabila diadakan pemeriksaan pajak, membayar pajak sebelum ada surat untuk tunggakan utang, dan sebagainya. Dimana siswa/i tersebut turut setuju dengan materi yang telah kami sampaikan, bahwa pajak merupakan kewajiban setiap orang ketika sudah mencapai usia tertentu dan syarat tertentu, serta kewajiban tersebut merupakan kewajiban yang harus dilakukan, dimana telah sadar akan kegunaan pajak yang sebenarnya juga berfungsi untuk seluruh masyarakat.

Berdasarkan kuisioner yang telah kami bagikan, hasilnya adalah 60% dari kelas tersebut hanya sekedar tau apa itu pajak tanpa mengerti tujuan adanya pajak dan 40% lainnya masih bingung apa itu pajak .

Setelah itu, kami melanjutkan dengan sesi penyampaian materi, diantara dari mereka ada yang bertanya, “ Bagaimana jika masyarakat Indonesia tidak membayar pajak? “ jika masyarakat Indonesia tidak membayar pajak, maka pembangunan infrastruktur dikota tidak ada juga dan misalkan kemiskinan terjadi di suatu wilayah dan jika bukan negara yang membantu , maka disekitar mereka pun juga akan mengalami hal yang sama. Jadi pendapatan terbesar di negara ini adalah berasal dari pajak.

Setelah penyampaian materi, kami mengadakan wawancara dimana kami memilih secara acak 2 siswa/I SMK Harmoni Batam. Dari hasil wawancara tersebut dapat diketahui bahwa masyarakat Indonesia wajib membayar pajak agar anggaran negara dapat seimbang dengan pengeluaran negara, walaupun dari orang terdekat tidak bayar pajak, kita harus menjadi orang yang menasehatkan mereka untuk membayar pajak yang tidak lain adalah untuk kepentingan bersama.

Kesadaran pajak berpengaruh terhadap kepatuhan pembayaran pajak. Sanksi denda yang diberikan kepada wajib pajak berpengaruh terhadap kepatuhan pembangunan yang artinya apabila wajib pajak yang memandang bahwa sanksi denda merupakan hal yang sangat merugikan maka akan mengurangi sanksi denda, hal ini akan meningkatkan kepatuhan pembayaran pajak untuk meningkatkan kesadaran wajib pajak maka dari lembaga atau suatu organisasi harus sering-sering melakukan sosialisasi ke berbagai tempat agar kesadaran wajib pajak tumbuh dalam pribadi masing-masing. ***

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com