SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Penumpang Panik Ada Benturan Keras

  • Reporter:
  • Rabu, 19 September 2018 | 13:07
  • Dibaca : 164 kali
Penumpang Panik Ada Benturan Keras
Tim SAR Tanjungpinang mengevakuasi penumpang kapal MV Satria Pratama yang kandas di Perairan Pulau Hellen Mars Takong Kecil, Belakangpadang. F Dok Tim SAR Tanjungpinang

BELAKANGPADANG – Kapal MV Satria Pratama yang mengangkut 50 penumpang kandas di Perairan Pulau Hellen Mars Takong Kecil, Kecamatan Belakangpada, Selasa (18/9/2018) sekira pukul 07.30. Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Informasi yang dihimpun, kapal jenis roll on-roll off (Roro) ini bergerak dari Tanjungungbuton, Riau menuju Telagapunggur. Berdasarkan manifest, kapal mengangkut 39 penumpang dan 19 kru kapal. Selain itu, kapal juga mengangkut 24 unit sepeda motor, 14 unit mini bus dan 6 truk.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang Budi Cahyadi melalui Kepala Operasi Eko Suprianto mengatakan, KMP Satria Pratama kandas pada titik koordinat 1 8.871 N – 103 48.047 E atau tepatnya di Perairan Pulau Hellen Mars Takong Kecil.

Setelah mendapatkan informasi, Tim SAR Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang langsung menerjunkan kapal resque RIB 03 Pos Batam dan KN SAR Puworejo menuju lokasi kejadian.

“Kejadian ini kami dapat informasi dari vessel traffic system (VTS) Batam tentang adanya kapal kandas. Kami langsung bergerak ke lokasi,” ujarnya di Tanjungpinang.

Menurut Eko, awalnya perjalanan kapal tak ada masalah, namun saat memasuki wilayah Batam tiba-tiba kapal kandas di perairan Pulau Hellen Mars Takong Kecil. Untuk mengevakuasi penumpang, Tim SAR menurunkan speed boat Lagoi Express untuk selanjutnya dibawa ke Pelabuhan Domestik Telagapunggur. “Penumpang sudah dievakuasi ke Telagapunggur,” katanya.

Salah seorang penumpang, Harlinda mengatakan, kandasnya KMP Satria Pratama terjadi sekira pukul 03.00. Pada saat kejadian dirinya mengira kapal mengalami tabrakan karena suara benturan yang keras. “Saya lagi tidur, Saya pikir tabrakan ternyata kandas,” ujarnya.

Ia menambahkan, saat itu ia sempat panik, namun melihat kondisi kapal yang tetap seimbang para penumpang jadi tenang kembali. “Banyak karang terlihat, memang lagi surut,” kata Harlinda.

Sementara itu, KMP Satria Pratama baru bisa melanjutkan perjalanan sekira pukul 14.00 setelah air pasang dengan bantuan KN SAR Purworejo. muhammad bunga ashab/dicky sigit rakasiwi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com