SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Penumpang Pelni Meningkat 100 Persen

  • Reporter:
  • Selasa, 12 Februari 2019 | 15:43
  • Dibaca : 71 kali
Penumpang Pelni Meningkat 100 Persen
Ilustrasi Foto Teguh Prihatna.

SEKUPANG – Penumpang kapal Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) meningkat tajam hingga 100 persen, sejak diberlakukan sistem bagasi berbayar dan mahalnya tiket maskapai penerbangan.

Kepala Pelni Kota Batam, Sugianto mengatakan, sejak diberlakukannya bagasi berbayar ditambah lagi tiket pesawat yang mahal, sangat mempengaruhi pada lonjakan penumpang Pelni. Biasa penumpang tujuan Jakarta hanya 100 sampai 200 orang, sekarang naik menjadi 400 sampai 500 orang. Sedangkan untuk penumpang tujuan Belawan yang biasanya mencapai 600-700 penumpang, sekarang bisa mencapai hingga 1.500-1.700 penumpang.

“Sangat berpengaruh pada lonjakan penumpang Pelni,” ujarnya, Senin (11/2).

Lonjakan tersebut mulai terasa sejak dihapusnya bagasi gratis dan mahalnya tiket pesawat di beberapa maskapai, dan hal tersebut sangat terlihat pada akhir Januari lalu.

“Mungkin banyak masyarakat yang merasa kesulitan untuk membeli tiket pesawat, sehingga mereka lebih memilih menggunakan transportasi laut menggunakan kapal Pelni, karena harganya jauh lebih murah,” kata Sugianto.

Ia menambahkan, Pelni masih menerapkan ketentuan bagasi yang sudah lama ditetapkan, dengan memberikan free bagasi 50 Kilogram kepada setiap penumpang. Bila melebihi ketentuan tetap akan dikenakan biaya tambahan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

“Dulu memang begitu, belum ada perubahan hingga saat ini, baik itu ukuran maupun harga masih sama,” ujarnya.

Lonjakan yang terjadi di Pelni hanya ada penumpang saja, sedangkan untuk pengiriman barang atau kargo masih normal. “Kalau kargo belum ada lonjakan, masih normal sepertinya,” kata Sugianto.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com