SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Penyiar Radio yang Kini Wapres AS

Penyiar Radio yang Kini Wapres AS
Wapres AS Mike Pence.

Jauh sebelum terpilih menjadi Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) mendampingi Donald Trump, sejumlah kalangan terutama pejabat teras Partai Republik meyakini Mike Pence sebagai sosok yang ‘aman’ buat Trump. Selain berpengalaman di bidang pemerintahan, Pence juga bukan politikus yang terlalu terkenal (sepi dari kontroversi).

Michael Richard atau akrab dipanggil Mike Pence merupakan Wakil Presiden Amerika Serikat ke-48. Ia dilantik pada 9 November 2016, setelah bersama Presiden Trump mengalahkan calon dari Partai Demokrat Hillary Clinton. Sebelum menjadi wakil Trump, ia menjabat gubernur negara bagian Indiana ke-50, dari 2013-2016. Pence juga merupakan anggota Partai Republik mewakili Indiana di DPR sejak 2001-2003, dan menjabat sebagai Ketua House Republican Conference.

Mike Pence lahir dan dibesarkan di Columbus, Indiana. Perjalanan hidup terutama karir politik Pence tidak mudah dan terbilang cukup panjang. Pence lulus dari Columbus North High School, pada 1977. Ia mendapatkan gelar sarjana seni dalam sejarah dari Hanover Colloge, pada 1981. Lalu, gelar sarjana hukum dari Indiana University Robert H McKinney School of Law di Indianapolis, Indiana, pada 1986.

Pada saat di Hanover, Pence bergabung dalam persaudaraan Phi Gamma Delta dan menjabat sebagai Presiden Perkumpulan. Setelah lulus dari Hanover, Pence menjadi konselor penerimaan mahasiswa di kampusnya, sejak 1981-1983. Pence juga menjalani profesi sebagai pengacara. Selama menjadi pengacara, ia juga menjadi ketua dari Indiana Review Foundation dan anggota dari State Policy Network.

Pada 1988 dan 1990, Pence gagal menduduki kursi kongres. Ia lalu menjadi penyiar radio dan pembawa acara talkshow di salah satu stasiun televise, dari 1994-1999. Menjadi seorang penyiar membuat namanya mulai dikenal khalayak ramai. Pence pun menjuluki dirinya “Rush Limbaugh”. Hingga akhirnya pada 2000, Pence terpilih di kongres mewakili distrik kongres ke-2 Indiana, dan distrik kongres ke-6 Indiana di DPR Amerika Serikat, dari 2001-2003.

Setelah terpilih, Pence juga menduduki jabatan Ketua House Republican Conference, dari 2009-2011. Selama di kongres, Pence memosisikan diri sebagai orang yang berprinsip ideologi dan mendukung Gerakan Tea Party. Lama di kongres, pada 2012, Pence memberanikan diri maju dan langsung terpilih menjadi Gubernur ke-50 negara bagian Indiana.

Selama menjadi gubernur, ia melakukan pemotongan pajak terbesar dalam sejarah Indiana. Selain itu, kebijakan Pence lainnya yang sangat populis ialah memprioritaskan anggaran untuk pendidikan. Ia juga menandatangani Religious Freedom Restoration Act. Lahirnya Undang-undang ini membuat Pence mendapat perlawanan sengit dari anggota moderat partainya, pebisnis, dan pendukung LGBT.

Indiana juga mendapatkan boikot dari beberapa negara bagian lantaran diduga undang-undang itu memudahkan terjadinya diskriminasi berdasarkan orientasi seksual. Pence pun dipaksa menandatangani peraturan tambahan sebagai aksi amandemen dari aturan yang ia keluarkan sebelumnya.

Sebagai politisi yang tidak terlalu mencolok di Partai Republik, Pence mendapat dukungan Senator Ted Cruz dari Texas untuk mendampingi Trump dalam Pilpres 2016. Trump sempat menggelar serangkaian audisi dengan Pence, termasuk juga pesaing Pence lainnya seperti Christie dan Newt Gingrich. Sejumlah kalangan meyakini, menilai Pence sebagai sosok tepat mendampingi Trump.

Republikan Sejati
Pence lahir dari pasangan Nancy Jane (nee Cawley) dan Edward J Pence, Jr. Pence sendiri memiliki lima saudara. Nama yang melekat pada Pence merupakan pemberian kakeknya Richard Michael Cawley. Kakeknya dikenal sebagai imigran dari County Sligo, Irlandia, ke Amerika Serikat melalui Pulau Ellis dan menjadi sopir bus di Chicago, Illinois. Orangtua neneknya dari Doonbeg, County Clare, Irlandia.

Lulus dari kuliah, Pence menikahi Karen Pence, pada 1985. Dari pernikahan ini, Pence memiliki tiga anak yakni Michael, Charlotte, dan Audrey. Selama menjadi anggota DPR, keluarganya pindah ke Arlington, Virginia. Anak laki-laki Pence, Michael kini merupakan anggota Marinir Amerika Serikat berpangkat letnan dua.
Pence dibesarkan di keluarga yang taat beragama bahkan ia menjadi putra altar. Ia juga disekolahkan di sekolah paroki. Pence mengaku merasa lahir kembali setelah menempuh dunia perkuliahan. Sejak saat itulah, Pence dikenal sebagai seorang yang konservatif dan republikan sejati.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com