SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Penyidik Limpahkan Lima Tersangka Pungli SMPN 10, Rahib Cs Terancam 10 Tahun Penjara

  • Reporter:
  • Rabu, 10 Oktober 2018 | 15:43
  • Dibaca : 180 kali
Penyidik Limpahkan Lima Tersangka Pungli SMPN 10, Rahib Cs Terancam 10 Tahun Penjara
Penyidik membawa lima tersangka pungli PPDB SMPN 10 Batam untuk dilimpahkan ke Kejari Batam, kemarin. f romi kurniawan

BATAM KOTA – Penyidik Satreskrim Polresta Barelang melimpahkan lima tersangka kasus pungutan liar (Pungli) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPPBD) SMPN 10 Batam ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam setelah berkas dinyatakan lengkap (P21), Selasa (9/10).

Kelima tersangka yakni Kepala SMPN 10 Batam Rahib, Wakil Kepsek Antonius Yudi Noviyanto, Ketua Komite Baharuddin, guru honorer bernama Rorita dan staf admin Mismarita. Pantauan KORAN SINDO BATAM di Mapolresta Barelang, kelima tersangka digiring masuk ke dalam mobil menuju Kejari Batam.

“Lima tersangka dan barang bukti sudah dilimpahkan ke Kejari Batam. Nantinya akan disidang di Pengadilan Tipikor Tanjungpinang,” kata Kasat Reskrim Polresta Barelang, AKP Andri Kurniawan, Selasa (9/10).

Ia menjelaskan, kelima tersangka dijerat dengan undang-undang tindak pidana korupsi dan terancam hukuman maksimal 10 tahun penjara. Hal ini sesuai dengan kesalahan yang dilakukan oleh para tersangka.

“Ke depannya kasus ini sudah tanggungjawab penuntut umum,” kata Andri.

Andri mengimbau terkait kegiatan PPDB tahun depan agar lebih baik lagi dari tahun ini dalam penerimaan siswa baru. Pasalnya, pihak kepolisian tidak main-main dalam kasus pungli.

“Siapapun akan kami tangkap, dan kami juga tidak akan memberikan keringanan terkait kasus pungli ini,” ujarnya.

Seperti diketahui, Unit Tipikor Polresta Barelang mengamankan lima orang tersangka kasus Pungli PPDB SMPN 10 Batam pada Juli lalu. Dalam kasus ini, polisi mengamankan uang sebanyak Rp274.330.000.

Kasus pungli PPDB SMPN 10 Batam ini dilakukan kepada 171 orangtua siswa yang menjadi korban. Para tersangka meminta uang masuk kepada orang tua murid berbeda-beda, mulai dari Rp5 juta hingga Rp8 juta per siswa. romi kurniawan

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com