SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Perahu Pinisi Kebanggaan Indonesia

  • Reporter:
  • Senin, 30 April 2018 | 14:38
  • Dibaca : 96 kali
Perahu Pinisi Kebanggaan Indonesia

Selain menawarkan keindahan alam, pasir putih, dan air yang jernih, Pantai Tanah Beru dan Pantai Bira menyimpan pesona yang belum diketahui banyak orang.

Siapa sangka, tidak jauh dari pantai tersebut, terdapat desa pesisir yang penduduknya berprofesi sebagai pembuat perahu pinisi. Terletak di Kabupaten Bulukumba, perkampungan pesisir pembuat perahu pinisi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke pantai selatan Makassar.

Pinisi merupakan perahu tradisional masyarakat Bugis Makassar. Perahu ini sudah ada sejak zaman nenek moyang orang Indonesia. Membuktikan Indonesia dahulu adalah negara maritim yang besar dengan budaya pelaut dan pembuat kapal yang tangguh. Awalnya, perahu pinisi pelaut Indonesia mengandalkan angin sebagai pendorong laju perahu.

Karena itu, perahu pinisi dahulu menggunakan layar pada bagian depan dan belakangnya. Seiring dengan makin berkembangnya peradaban, perahu pinisi kini sudah ada yang menggunakan mesin motor diesel sebagai tenaga pendorongnya.

Berbeda dengan ukuran asli, perahu Pinisi yang sudah menggunakan mesin motor berukuran lebih besar, dengan ukuran panjang sekitar 20 meter dan mampu menampung beban hingga 30 ton.

Satu perahu tersebut dikerjakan oleh lebih dari 10 orang. Pembuatan sebuah perahu pinisi bisa memakan waktu dari bulanan hingga tahunan. Semakin besar bobotnya, maka pembuatannya juga akan semakin lama, harganya juga semakin mahal.Untuk kapal dengan bobot sekitar 200 ton, harganya bisa mencapai 4 hingga Rp7 miliar lebih.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com