SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Peraih UN Terbaik di Kepri Bingung Biaya Kuliah

Peraih UN Terbaik di Kepri Bingung Biaya Kuliah
Tario Rinho Siragih

BATAM – Tario Rinho Siragih, siswa peraih nilai Ujian Nasional (UN) tertinggi tingkat SMK di Kepri berharap mendapatkan beasiswa untuk masuk kuliah ke perguruan tinggi negeri. Mengingat orangtuanya hanyal pemilik bengkel las kecil di kawasan Pantai Stres Jodoh.

“Sampai saat ini belum ada pemerintah yang menawarkan beasiswa,” ungkapnya, Rabu (3/5).

Dalam UN, siswa SMKN 1 Batam tersebut mendapat nilai 377.30. Selama ini, anak pasangan Bonarman Saragih dan Masda Suryani tersebut sudah banyak menorehkan prestasi. Dia pernah ikut dalam berbagai lomba di tingkat lokal, nasional, hingga festival akademik Fisika di Thailand dan China pada 2016.

“Saya pernah mendapatkan juara satu olimpiade fisika tingkat kota, lomba matematika di Thailand mendapatkan perak, lomba LKS Nasional di Malang, juara III karya tulis tingkat Kota Batam, dan juara I cerdas cermat elektro di Politeknik Batam,” paparnya.

Tario mengaku sangat ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi. Dia sudah pernah mendaftar ke Universitas Gajah Mada (UGM) di Yogyakarta lewat jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), tapi ditolak. Kemudian melalui penelusuran bibit unggul berprestasi (PBUB), juga tidak berhasil.

Gagal masuk UGM, anak kedua dari empat bersaudara ini mencoba masuk ke Universitas Indonesia (UI). Dia mengaku sudah menyiapkan diri untuk mengikuti tes pada 16 Mei mendatang. “Saya akhirnya pilih UI karena peminatnya sedikit dan jurusan yang saya ambil adalah fisika,” ungkapnya.

Kepri Anggarkan Rp7 Miliar
Pemprov Kepri menganggarkan Rp7 miliar untuk beasiswa bagi siswa yang lulus UN dan akan melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi. Mereka bisa mengajukan permohonan beasiswa kepada Pemprov Kepri.

“Kalau memang ada dari anak-anak kita yang lulus UN ini berasal dari keluarga yang tidak mampu, silakan datang ke saya. Kami punya anggaran untuk beasiswa ini kok. Kami akan bantu,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Arifin Nasir.

Menurut Arifin, ada beberapa jenis beasiswa yang bisa dimanfaatkan. Antara lain beasiswa penuh, yakni biaya kuliah sampai selesai ditanggung pemerintah. Kemudian beasiswa bagi mahasiswa yang mau menyusun skripsi tapi tak punya biaya, dan beasiswa untuk penelitian.

Selain akan memberikan beasiswa kepada siswa tidak mampu, Disdik Kepri juga akan memberikan apresiasi kepada seluruh siswa yang meraih nilai tertinggi di UN. “Bisa kami berikan dalam bentuk apa saja, misalnya sertifikat atau uang. Tapi yang pasti akan kita berikan, karena itu sebagai bentuk apresiasi atas apa yang sudah mereka raih,” katanya.

Arifin menjelaskan, persentase kelulusan UN di Kepri tahun ini mencapai 99,92 persen dari total peserta 20.469 siswa. Jumlah tersebut terdiri dari 11.300 siswa SMA, 1.166 siswa MA, dan 8.003 siswa SMK.

Tercatat, pencapaian kelulusan hingga 100 persen hanya diraih Batam, Bintan, dan Anambas. Sedangkan persentase kelulusan Tanjungpinang 99,94 persen, Karimun 99,86 persen, Natuna 99,80 persen, dan Lingga 99,43 persen.

tengku bayu/aini lestari

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com