SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Perajin Kulit Batang Sagu Butuh Dukungan Pemkab Meranti

  • Reporter:
  • Kamis, 8 Juni 2017 | 13:21
  • Dibaca : 154 kali
Perajin Kulit Batang Sagu Butuh Dukungan Pemkab Meranti
ilustrasi

MERANTI- Uyung atau kulit batang sagu tak hanya dapat diolah menjadi arang briket ataupun alas gotek jalan di atas lahan gambut. Uyung juga bisa dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan atau furniture perabotan rumah tangga.

Firdaus, perajin di Telukbelitung Kecamatan Merbau mengaku sudah menghasilkan beberapa produk berbahan dasar uyung sagu. Mulai dari kursi dan meja ruang tamu, dan kursi santai. Namun ia mengaku kesulitan mengembangkan usahanya.

“Kami sangat membutuhkan dukungan pemerintah untuk mengembangkan usaha ini,” katanya, Rabu (7/5).

Ketua Koperasi Wirausaha Pokja Telukbelitung ini mengatakan, produk-produk olahan kulit batang sagu sudah pernah diikutkan pameran ke luar daerah. Salah satunya di pameran Batam Expo, di Kota Batam.

“Alhamdulilah, saat pameran itu banyak yang tertarik. Apalagi produk ini diolah dari limbah yang selama ini hanya dibakar. Saat ini klami masih dalam tahap pengenalan untuk pemasaran,” katanya.

Menurut Firdaus, untuk menghasilkan perabotan, dibutuhkan batang sagu berumur 9-10 tahun atau sudah siap panen. Kulit batang sagu yang dibeli dari kilang pengolahan tersebut diolah dengan cara dikikis dan dibentuk.

“Kami gunakan baut dan lem. Kemudian dikasi clear agar mengkilap tetapi warna aslinya tidak hilang,” katanya.

Ia sangat berharap pemerintah memperhatikan para perajin atau pelaku usaha produk kulit batang sagu di Meranti.

“Jangan beri kami modal, tapi beri kami pasar. Soal kualitas, kami berani menjamin,” katanya.

Nazarudin Nasir, warga Meranti sangat mendukung upaya pengembangan produk olahan kulit batang sagu ini. Menurutnya, produk ini akan dapat menjadi produk khas Meranti, yang tak bisa ditemui di daerah lain.

“Saya sudah pesan beberapa unit. Selain untuk pemakaian sendiri, saya juga ingin mempromosikan kepada kenalan saya di luar Meranti. produknya bagus kok, tidak mengecewakanlah,” kata dia.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com