SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Peranan Patolog menuju Indonesia sehat

  • Reporter:
  • Sabtu, 24 November 2018 | 10:25
  • Dibaca : 245 kali
Peranan Patolog menuju Indonesia sehat

Patolog adalah sebutan suatu profesi di bidang ilmu kedokteran untuk seorang dokter spesialis dengan kompetensi ilmu patologi anatomi yang merupakan salah satu bidang kedokteran lanjutan yang berkenaan dengan diagnosis melalui studi anatomis ,perubahan struktur,fungsi atau kelainan organ atau jaringan termasuk pemeriksaan postmortem dan studi specimen biopsy. Mereka adalah dokter Spesialis yang mengidentifikasi  penyakit dengan mempelajari  sel-sel dan jaringan tubuh dengan menggunakan  mikroskop.

Patologi Anatomi sendiri adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang penyakit yang meliputi penyebab, perjalanan penyakit, perubahan anatomik, morfologi sel dan jaringan, subseluler dan biomolekuler dan perubahanbiokimiawi yang memberi pengaruh terhadap faal atau fisiologitubuh serta hubungannya dengan fungsi dan gejala yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut. Patologi Anatomi sangat terkait dengan semua bidang ilmu kedokteran seperti Ilmu Bedah, Obstetri Ginekologi, Penyakit Dalam, Paru, Kardiologi, Radiologi, Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin, Ilmu Penyakit Anak, THT-KL, bahkan bagian Gigi dan bedah mulut dan Patologi Klinik.

Ilmu Patologi Anatomi  sangat penting untuk pencegahan, deteksi dini, diagnosa pasti dan pengobatan atau penentuan  terapi  selanjutnya baik dari sediaan sitologi maupun jaringan histopatogi.  Semua ini dapat memberikan kontribusi   lebih dari 70%  dari semua diagnosis  yang digunakan oleh dokter spesialis lain sebagai dasar  keputusan klinis mereka, sementara  hanya menghasilkan  2% dari pengeluaran global pada perawatan  kesehatan.. Setiap pemeriksaan satu slide dibawah mikroskop sangat berarti dan dapat menghasilkan keputusan diagnosis yang akan dtegakkan oleh seorang Patolog dan selanjutnya akan dijadikan petunjuk serta rujukan oleh  dokter spesialis  dalam penanganan pengobatan juga tindakan terapi selanjutnya. Oleh karena nya tepatlah Hari Internasional Patologi ( International Pathology day )  pada tanggal 14 November 2018 ini  dengantema Pathologists : saving lives one  slide at a time. Satu slide  yang diperiksa di bawah mikroskop oleh seorang Patolog dapat menentukan hidup seseorang , memang seperti itulah pentingnyaseorang Patolog. Peranan seorang Patolog sangat menentukan karena dengan tidak adanya kesimpulan atau diagnose terapi lanjutan tidak dapat atau kurang tepat dilakukan bahkan sampai perusahaan asuransi pun sangat memperhitungkan keputusan seorang Patolog.

Pekerjaan seorang Patolog meliputi pemeriksaan-pemeriksaan yang terkait dengan penentuan diagnose suatu penyakit, yaitu :
1.Sitologi apusan Pap smear ( untuk
pemeriksaan rutin dan mendeteksi  dini kanker leher rahim)
2. Sitologi cairan  untuk mendeteksi  adanya infeksi / peradangan   atau keganasan ( kanker
)    melalui cairan dari urine, cairan paru, sputum, dahak, cairan badan, liquor.
3. Biopsi Aspirasi jarum halus / FNAB ( biopsi pada benjolan di seluruh tubuh / pembesaran kelenjar untuk  deteksi penyakit seperti infeksi, TBC /Tuberkulosa
, kanker.

4. Histopatologi ( pemeriksaan jaringan hasil operasi atau biopsi eksisi)
5. Potong beku/ VC ( pemeriksaan jaringan tubuh pada saat operasi berlangsung dengan cepat  /  jaringan beku)
6. Mikrofoto (foto jaringan / sel secara mikroskopik)
7. Histokimia dan imunohistokimia (pulasan khusus untuk identifikasi /menentukan jenis sel nya terkait dengan terapi yang cocok pada khemoterapi
terutama untuk penderita kanker ).

Untuk pelayanan sitologi pap smear, sitologi cairan dan histopatologi pengambilan specimennya dapat dilakukan oleh dokter klinik   (semua dokter spesialis kedokteran ) atau oleh dokter Patologi Anatomi sendiri ( misalnya biopsy, pap smear ) dokter umum yang terlatih.

Untuk pelayanan biopsi aspirasi jarum  halus atau Fine Needle Aspiration Biopsy (FNAB) biasnya dilakukan oleh Patolog    mulai dari pengambilan specimen tersebut sampai pemeriksaan hasilnya. Setelah melalui pemeriksaan di laboratorium dan dilihat di bawah mikroskop kemudian hasil kesimpulan /diagnose nya disampaikan  ke dokter klinik yang mengirimkannya untuk terapi selanjutnya. Biopsi aspirasi jarum halus atau (FNAB) adalah merupakan suatu metode atau tindakan pengambilan sebagian jaringan tubuh manusia dengan suatu alat aspirator  bisa berupa jarum suntik atau alat khusus  yang bertujuan untuk membantu diagnosis berbagai penyakit terkait benjolan seperti   tumor jinak atau yang diduga ganas. Tindakan biopsi aspirasi ini ditujukan pada benjolan atau tumor yang letaknya superfisial dan palpable misalnya tumor kelenjar getah bening, tiroid, kelenjar liur, payudara, dan lain-lain. Sedangkan untuk tumor pada organ dalam misalnya tumor pada paru, ginjal, hati, limpa dan lain-lain dilakukan dengan bantuan CT Scan/ USG Guiding. Dengan metode FNAB  ini diharapkan hasil diagnosa seorang pasien dapat segera ditegakkan sehingga pengobatan ataupun tindakan operatif tidak membutuhkan waktu tunggu yang terlalu lama.Adapun pelayanan lainnya seperti Potong beku (pemeriksaan jaringan tubuh dengan cepat secara dibekukan), Mikrofoto (foto jaringan / sel secara mikroskopik), Histokimia dan imunohistokimia (pulasan khusus untuk identifikasi jaringan) disesuaikan dengan kebutuhan.  

Berkaitan dengan  International Pathology Day atau Hari Internasional Patologi pada tanggal 14 November 2018 yang lalu , dimana pertama kalinya hari patologi ini dideklarasikan oleh Royal College UK pada tahun 2014 yang bekerja sama dengan beberapa institusi  patologi dan laboratorium di seluruh dunia untuk mengenal dan merayakan  kontribusi dan kepentingan patologi  anatomik serta service laboratorium kedokteran sebagai solusi  untuk masalah kesehatan global dan memperbaharui kesehatan masyarakat.  Perayaan ini terkait untuk memperjuangkan dedikasi dan karya Ahli Patologi  dan professional di seluruh dunia terutama terkait dengan masalah penyakit dan keganasan ( kanker ) serta pengobatannya di seluruh dunia. Pada tahun 2012 , kanker  merupakan salah satu penyebab utama kematian  ke dua  di dunia dengan 8,2 juta kematian terkait kanker. Yang mana  kasus kanker tersebut akan terus meningkat dan diproyeksikan menjadi 21,6 juta  juta  pada tahun  2030.

Peringatan dan perayaan “International Pathology Day”  di  Indonesia dilaksanakan di seluruh seluruh center Patologi Anatomi di Indonesia dengan melakukan berbagai kegiatan yangpositif dengan lebih mengenalkan keberadaan dokter Patologi Anatomi dan apa saja bidang lingkup pekerjaan seorang Patologdengan penyuluhan baik melalui media cetak, media sosial maupun televisi, juga mengadakan seminar dan workshop untuk lebih mengupdate ilmu rekan sejawat Patolog yang telah menyebar di seluruh pelososk tanah air.

Sehubungan dengan subtema Hari Kesehatan Nasional pada tanggal 12 November 2018 ini yaitu “ Ayo hidup sehat mulai dari kita”  lalu tentu hal ini sangat berubungan erat karena peran Patolog dan Laboratorium penunjang yang tentu saja sesuai dengan peranannya masing-masing untuk memberikan pelayanan terbaiknya. Pada perkembangannya terdapat kaitan tentang peranan Patolog dan keberadaan  laboratorium utamanya yang berhubungan dengan specimen yang berasal dari bagian Patologi Anatomik ini tidak hanya sebagai bagian dari pre klinik akan tetapi mempunyai peran penting sebagai penunjang diagnostik dan hasilnya ( satu slide saja) merupakan penentu kepastian diagnosa pasien karena dapat memberikan  petunjuk dan arahan pasti untuk tindakan terapi selanjutnya yang akan diberikan kepada penderita oleh dokter klinik/  dokter spesialis yang menanganinya.

Dalam hal ini peranan laboratorium penunjang sangat dibutuhkan seiring dengan keinginan untuk mewujudkan cita –cita mulia yaitu Indosesia sehat. Keberadaan Laboratorium penunjang yang professional  dapat membantu pekerjaan seorang Patolog sehingga hasil pemeriksaan dapat didiagnosa secara akurat tentu sangat diperlukan pada era sekarang ini. Oleh karenanya keberadaan Laboratorium dimana saja seperti halnya di kota batam dan beberapa pulau yang ada di Kepulauan Riau ini sangat membantu untuk terlaksananya kegiatan yang dapat menunjang hasil diagnosa akurat seorang Patolog.

Dengan adanya Patolog dan lengkapnya dokter spesialisyang sesuai kompetensinya termasuk dokter bedah tumor (Onkologi) serta fasilitas penunjang lainnya ( Laboratorium ) di batam ini diharapkan kwalitas pelayanan kepada pasien menjadi lebih baik  dan terpadu ( one stop service) sehingga pasien segera dapat ditangani dan mendapat kepastian dalam penentuan diagnosis penyakitnya yang akan berakibat kepada pemberian terapi yang akurat dan tepat sesuai dengan penyakitnya, sehingga kesembuhan dan kecepatan pemulihan pasien bisa cepat dan pasien hanya perlu mendatangai satu tempat saja untuk mendapatkan permeriksaan. Karena bila  belum  dapatditegakkan diagnose pasti untuk suatu penyakit tentulah tidak dapat dilakukan terapi terbaik untuk pasien tersebut , sehinggasangatlah tepat bila   Tanpa Patologi  tidak ada obat ( WithoutPathology, there is no medicine) .

Kota Batam sebagai kota industri dan perdagangan  dan merupakan jembatan ke pulau lainnya di kepulan Riau juga sebagai persinggahan untuk  keluar negeri ( terutama Singapura, Malaysia) dengan penduduknya yang beragam dengan penduduk dan  pekerja / karyawan usia muda lebih dominan tentu sangat potensial dan untuk terus dijaga kesehatannya.  Oleh karena nya diharapkan kepada Laboratorium penunjang di kota Batam baik yang ada di lingkungan pemerintahan (rumah sakit pemerintah ) maupun swasta ke depannya dapat membantu  lebih maksimal,terkait dengan kesehatan penduduk ,pekerja, karyawan  dan keluarganya yang mana mereka haruslah menjadi prioritas utama dijaga kesehatannya sehingga bila semua sehat, nyaman  tentulah dapat memberikan dampak yang positif untuk pertumbuhan ekonomi di Batam   Pemeriksaan kesehatan secara berkala oleh perusahaan –perusahaan  industri yang telah menjalin kerjasama selama ini dengan pihak laboratorium  seyogyanya harus terus ditingkatkan. Kesehatan masyarakat umum, pekerja, karyawan dan keluarganya yang selalu terjaga dan kerjasama   dengan pihak –pihak terkait seperti dari puskesmas atau fasilitas kesehatan pertama dengan perusahaan untuk mendapatkan rujukan terkait dengan pemeriksaan lebih lengkap (fasilitas laboratorium ) sejalan dengan alur BPJS dapat menjadi pilar untuk menuju Indonesia sehat. Penyuluhan melalui berbagai seminar kesehatan yang dilakukan oleh beberapa laboratorium di Batam , juga kegiatan yang setiap tahun dilakukan oleh pemerintahan kota Batam sangat membantu untuk mencapai tujuan tersebut.

Mari kita jaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan pola hidup sehat serta melakukan pemeriksaan secara rutin di lingkungan sekitar  kita atau tempat kita bekerja dan beraktifitas. Tiada artinya hidup kita di dunia ini bila kita tidak sehat karena dengan kesehatan yang baik dan terjaga kita dapat menjalani hidup dengan semangat dan gembira.

“ Ayo hidup sehat mulai dari kita” dan Pathologists :saving lives one  slide at a time  

Ditulis oleh:

dr Nida Sufrida Gumar, SpPA, MKes

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com