SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Perdagangan Natuna-Malaysia Segera Dibuka

Perdagangan Natuna-Malaysia Segera Dibuka
Sejumlah pekerja petik cengkeh turun dari KM Bukit Raya dan menaiki perahu pompong untuk menjangkau Pulau Serasan, Natuna. Dok.koran sindo batam

NATUNA – Pemerintah segera membangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Serasan, Natuna, dengan anggaran Rp143 miliar. Pos tersebut bukan hanya menjadi gerbang masuk tapi juga embrio perdagangan masyarakat perbatasan Natuna dan Malaysia.

Camat Serasan Edi Priyoto mengungkapkan pemerintah pusat telah menyampaikan rencana pembangunan PLBN di Serasan berupa sosialiasi kepada warga setempat awal pekan ini di kantor camat.

Dia meyakinkan proyek tersebut direspons baik oleh warga mengingat fasilitas tersebut bakal menjadi pembuka jalan perdagangan lintas batas negara atau cross border trade antara Natuna dengan Malaysia.

“Warga senang karena sudah lama mendambakan wujud PLBN supaya bisa bebas berkegiatan jual beli dengan warga Malaysia dengan legal,” ungkap Edi, kemarin.

Warga Serasan, lanjut dia, sudah lama berkeinginan aktivitas perdagangan dengan Malaysia bisa sah di mata pemerintah Indonesia. Aktivitas dagang tersebut terjalin sejak lama karena kedekatan wilayah. Ketimbang menunggu pasokan dari Tanjungpinang yang bisa sampai dua hari dengan kapal, warga Pulau Serasan bisa menghemat waktu bertransaksi dengan warga Malaysia di Sematan, Serawak.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com