SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Perhitungan Suara di PPK Sekupang Dilakukan Tertutup

  • Reporter:
  • Sabtu, 20 April 2019 | 13:40
  • Dibaca : 240 kali
Perhitungan Suara di PPK Sekupang Dilakukan Tertutup

SEKUPANG – Rekapitulasi penghitungan suara pemilu di Kecamatan Sekupang digelar di GOR Raja Jafar, Tiban Indah, Tiban, Jumat (19/4) sekira pukul 15.00.

Perhitungan suara berasal 340 Tempat Pemilihan Suara (TPS) yang tersebar di Kecamatan Sekupang. Tak seperti tahun 2014 lalu, PPK Sekupang membatasi saksi-saksi yang akan masuk ke dalam GOR. Tak hanya itu personel TNI dan Polri juga tampak berjaga di depan pintu masuk GOR, bahkan wartawan yang bertugas meliput pleno tak mendapatkan akses.

“Tadi sudah saya tanyakan juga ke Ketua PPK, memang peraturannya seperti itu,” kata salah seorang personel Polri kepada wartawan.

Komisioner KPU Provinsi Kepri Agung Widiyono membenarkan perihal awak media dilarang meliput penghitungan suara di PPK Sekupang. Ia mengatakan, peraturan tersebut adalah hasil rapat PPK, peserta pemilu dan saksi.

“Maaf ya mas, kesepakatannya memang seperti itu. Tapi nanti hasilnya dikasih tahu kok,” ujarnya.

Hingga pukul 18.15 pleno perhitungan surat suara baru menyelesaikan perhitungan 1 TPS, sementar di luar GOR tampak puluhan warga tengah sibuk mencatat hasil perhitungan melalui pengeras suara. agung dedi Lazuardi

KPU Batam Mulai Masukkan Data Situng

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam Kepulauan Riau mulai memasukkan data sistem informasi (Situng) ke web infopemilu.kpu.go.id, Jumat (19/4).
“Data Kecamatan Batam Kota mulai masuk di infopemilu.go,id,” kata Komisioner KPU Batam, Zaki Setiawan.

Dalam data yang diperlihatkan Zaki, hasil situng sementara untuk Kota Batam, suara untuk pasangan calon presiden nomor urut 01 sebanyak 2.359 suara atau 42,70 persen dari total yang masuk. Kemudian pasangan nomor urut 02 memperoleh 3.765 suara atau 57,30 persen dari yang masuk.

“Kami perkirakan situng untuk Kota Batam seluruhnya selesai dalam waktu lima hari ke depan,” kata Zaki.

Ia menegaskan, situng hanya perangkat yang digunakan sebagai sarana informasi dalam pelaksanaan penghitungan dan rekapitulasi suara. “Situng ini hanya alat bantu, bukan hasil resmi. Hasil resmi penghitungan suara, tetap berdasarkan rekapitulasi secara manual dan berjenjang,” katanya.

Ketua KPU Batam Syahrul Huda mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan pelaksanaan Situng dengan baik, agar tidak ada kendala. KPU Batam telah menggunakan perangkat sesuai dengan spek yang ditetapkan KPU RI, beserta tenaga IT yang siap bekerja. KPU Batam menggunakan komputer khusus untuk pengoperasian situng, dengan spesifikasi processor minimal core i5 dan operating system (OS) MS. Windows dengan system windows original.

KPU juga memastikan ketangguhan jaringan internet dan listrik demi memastikan seluruh data terkirim dengan lancar. Sementara itu, sejumlah PPK di Kota Batam tengah bersiap melakukan perhitungan suara melalui plano C1 di masing-masing kecamatan. agung dedi lazuardi/ant

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com