SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Perkuat Perlindungan, KBRI Seoul Kukuhkan Atase Imigrasi

  • Reporter:
  • Rabu, 2 Agustus 2017 | 14:55
  • Dibaca : 118 kali
Perkuat Perlindungan, KBRI Seoul Kukuhkan Atase Imigrasi
Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Seoul, Korea Selatan (Korsel) dilaporkan telah mengukuhkan Atase Imigrasi. Foto/Istimewa

SEOUL – Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Seoul, Korea Selatan (Korsel) dilaporkan telah mengukuhkan Atase Imigrasi.

Pengukuhan ini ditujukan untuk memperkuat layanan dan perlindungan terhadap warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Korsel.

Dalam pengukuhan pejabat Atase Imigrasi di KBRI Seoul Duta Besar Indonesia untuk Korsel, Umar Hadi menekankan pentingnya perlindungan dan pelayanan warga dengan menciptakan database WNI yang jelas dan tepat. Dengan demikian, layanan dan kebijakan yang disusun dapat tepat sasaran dan efisien.

“Dari 40 ribu WNI di Korsel, sejumlah 36 ribu tenaga kerja, dengan tingkat pendidikan mulai SMP hingga sarjana, yang tersebar hampir merata di seluruh pelosok Korea. Dengan demikian perlu dibangun sistem layanan dan sarana yang tepat dengan memperhatikan aspek dan kondisi WNI di Korsel,” ujar Umar, seperti tertuang dalam siaran pers KBRI Seoul pada Selasa (1/8/2017).

Kehadiran Atase Imigrasi di KBRI Seoul, juga akan menjadi awal pemberlakuan Sistem Informasi dan Manajemen Keimigrasian (SIMKIM), sebagaimana yang diberlakukan di berbagai perwakilan Indonesia di luar negeri.

SIMKIM merupakan sistem yang dibangun untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas dokumen perjalanan sehingga menjadi lebih aman serta sesuai dengan standar internasional yang berlaku.

Hadi menuturkan, dia menyadari dengan pemberlakuan SIMKIM akan ada perubahan prosedur, waktu dan kualitas kerja dibandingkan praktek yang selama ini berjalan. Untuk itu perlu dilakukan sosialisasi dan diseminasi informasi kepada WNI di Korsel mengenai manfaat, dan pentingnya SIMKIM.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com