SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Perluas Pemanfaatan Gas Bumi, Taksi dan Mobil Dinas Dapat Konverter Kit Gratis

  • Reporter:
  • Jumat, 15 September 2017 | 09:43
  • Dibaca : 153 kali
Perluas Pemanfaatan Gas Bumi, Taksi dan Mobil Dinas Dapat Konverter Kit Gratis
Petugas merakit jaringan bahan bakar gas (BBG) ke kendaraan angkutan umum jenis taxi, beberapa waktu lalu. /TEGUH PRIHATNA

SINDOBATAM – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) Batam membagikan 300 konverter kit gratis untuk mobil dinas Pemerintah Kota (Pemko) Batam dan angkutan umum berupa taksi di Batam.

“Untuk kendaraan dinas di Batam kami akan pasang sebanyak 106 unit serta taksi sebanyak 194 unit kendaraan,” ungkap Division Head Corporate Communication PGN, Desy Anggia, Kamis (14/9/2017) lalu.

Menurut Desy, pihaknya mendorong Pemerintah Provinsi Kepri dan juga Pemko Batam untuk meminta lebih banyak lagi konverter kit gratis ke Kementerian ESDM karena harga konverter kit juga cukup mahal yakni sekitar Rp 15 juta. Dengan begitu, maka diharapkan lebih banyak lagi kendaraan dinas pemerintah yang menggunakan gas bumi.

“Apalagi Batam kan dikonsepkan untuk jadi Kota Gas, jadi sudah semestinya kendaraan dinas pemerintah beralih ke gas,” ujarnya.

Desy mengatakan, sosialisasi pembagian dan pemasangan konverter kit di Batam merupakan peran aktif PGN untuk mendukung program pemerintah dalam konversi bahan bakar minyak ke gas bumi di berbagai sektor perekonomian, salah satunya sektor transportasi. PGN sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Gas Bumi, kata dia, terus berupaya untuk meningkatkan pemanfaatan gas bumi secara nasional.

“Termasuk salah satunya di wilayah operasional PGN di Batam dengan membagikan dan memasang konverter kit secara gratis untuk kendaraan dinas pemerintah dan kendaraan umum jenis taksi ini,” ujar Desy.

Desy menambahkan, sosialisasi pembagian konverter kit oleh PGN sudah sesuai dengan sejumlah aturan pemerintah antara lain Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia No.8103.K/12MEM/2016 tanggal 30 Desember 2016 tentang Penugasan kepada PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) dalam Penyediaan, Pendistribusian, dan Pemasangan Paket Konverter Kit untuk Kendaraan Dinas dan Kendaraan Bermotor Angkutan Penumpang Umum Tahun 2017.

“Dengan pemakaian gas bumi, masyarakat telah berperan serta dalam menggunakan energi baik yang lebih ramah lingkungan, aman, dan efisien. Apalagi penggunaan BBG dapat menghemat pengeluaran bahan bakar sebesar 20-40 persen,” jelasnya.

Selain konverter kit, PGN terus berupaya memperluas penggunaan dan pemanfaatan gas bumi ke masyarakat di Batam. Desy mencontohkan, PGN baru saja membangun dan mengoperasikan 4.000 sambungan gas rumah tangga. Total pelanggan PGN di Batam mencapai sekitar 4.700 pelanggan, yang tersebar dari pelanggan rumah tangga, industri, komersial dan pembangkit listrik.

“Saat ini gas bumi sudah bisa digunakan ibu rumah tangga untuk memasak kebutuhan sehari-hari. Kami juga memasok ke industri dan usaha komersil seperti hotel, restoran, usaha laundry dan banyak lagi,” ungkap Desy.

Ke depan, sambung Desy, PGN Batam juga berencana menambah jumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG). Saat ini, sudah ada satu SPBG yang berlokasi di Belian, Batam Centre yang melayani kebutuhan bahan bakar gas bumi bagi masyarakat Batam.

“Rencana ada penambahan dua unit lagi, kita tengok juga respon pasar bagaimana,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdako Batam Ardiwinata mengatakan, pihaknya menyambut baik pemberian dan pemasangan konverter kit gratis oleh PGN. Menurut dia, peralihan penggunaan bahan bakar dari minyak ke gas bumi memiliki banyak keuntungan. Antara lain, minim emisi gas buang sehingga ramah lingkungan.

“Itu sesuai keinginan Pak Wali Kota agar Batam jadi kota yang bersih dan minim polusi,” kata Ardiwinata.

Dengan memanfaatkan gas bumi untuk kendaraan dinas, sambung dia, Batam juga dinilai mendukung pemanfaatan energi baik sekaligus terbarukan.

Lebih dari itu, Ardi mengaku pihaknya mendukung program pemanfaatan gas bumi untuk transportasi kendaraan dinas pemerintah lantaran juga dinilai lebih hemat dan efisien.

“Terlebih Pemko Batam memang sedang menggalakkan agar semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah/dinas) berhemat, jadi program ini sangat pas,” tutupnya. (fadhil)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com